Selfie Kini Bisa Pakai Robot Berkamera

Rabu, 20 Mei 2015 - 11:06 WIB
Selfie Kini Bisa Pakai Robot Berkamera
Selfie Kini Bisa Pakai Robot Berkamera
A A A
JAKARTA - Lima tahun lagi selfie tidak akan dilakukan oleh smartphone, DSLR, atau bahkan action camera seperti GoPro. Kamera-kamera diperangkat itu tidak dipakai lagi. Penggantinya adalah robot otonom yang bisa terbang dan memotret pemiliknya.

Hal itu disampaikan co-founder Lily Robotics Inc., Antoine Balaresque. Antoine adalah mahasiswa ilmu komputer yang bekerja di UC Berkeley Robotics Laboratory. Bersama rekannya Henry Bradlow, ia mendesain Lily, ”robot berkamera” yang bisa terbang, memotret/merekam video, dan tahan air.

Lily yang memiliki kamera 12 MP itu dibanderol USD500 atau sekitar Rp6,58 juta, sudah menerima pre-order kendari baru akan dikirim ke penggunanya pada Februari 2016 mendatang.

Meskipun begitu, Antoine bukan yang pertama mengusung konsep drone yang dapat terbang secara otonom ini. Belakangan konsep drone otonom ini semakin banyak diusung. Menariknya, respon yang didapat juga sangat positif.

Hasil foto aerial (dari ketinggian dengan perspektif menghadap ke bawah) memang memberikan dampak dramatis. Sudut foto seperti ini menarik karena memang sulit dilakukan.

Untuk mengoperasikan drone seperti DJI Phantom, misalnya, seorang “operator” disebut pilot harus terlatih atau setidaknya terbiasa menerbangkan wahana terbang dengan remote control. Nah, hal itu yang dimasa depan akan berbalik.

Menerbangkan sebuah kamera robotik akan menjadi sama mudahnya dengan mengoperasikan sebuah smartwatch. Selain teknologi drone yang semakin canggih, para pembuat robot juga menemukan cara untuk memangkas barrier to entry drone terhadap konsumen umum.

Misalnya dengan memangkas biaya agar lebih terjangkau, serta membuat drone lebih durable. Lily, misalnya, dirancang memiliki sifat layaknya action camera. Wahana terbang tersebut memiliki bodi dari polikarbonat yang tahan benturan keras.

Kameranya menyatu dalam bodi, sehingga tidak rentan rusak. Bahkan, robot tersebut juga lulus sertifikasi IP67 atau anti-air. Pengguna dapat menerbangkan Lily dari permukaan air.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0273 seconds (0.1#10.140)