Volvo Punya Teknologi Untuk Deteksi Keberadaan Kanguru

Senin, 02 November 2015 - 09:35 WIB
Volvo Punya Teknologi Untuk Deteksi Keberadaan Kanguru
Volvo Punya Teknologi Untuk Deteksi Keberadaan Kanguru
A A A
CANBERRA - Volvo baru-baru ini mengeluarkan sebuah teknologi untuk dengan spesifikasi mobil pasar Australia. Teknologi ini digunakan untuk mendeteksi di mana kanguru berada.

Kedengarannya mungkin ini sebuah hal yang aneh. Pada kenyataannya, salah satu penyebab kecelakaan paling mahal di Australia disebabkan oleh kanguru. Hal ini yang mendasari Volvo untuk membuat teknologi baru itu, untuk menurunkan resiko kecelakaan dengan binatang khas Australia ini.

Dilansir dari Worldcarfans, Senin (2/10/2015), berdasarkan informasi yang dikumpulkan oleh National Roads & Motorists Association (NRMA), lebih dari 20.000 kecelakaan di jalan-jalan Australia setiap tahun yang melibatkan kanguru. Kecelakaan ini memiliki nilai cukup mahal, karena menghasilkan lebih dari AUD75 juta atau sekitar Rp732,52 miliar untuk klaim asuransi.

Sebuah tim ahli keamanan telah melakukan perjalanan ke Australia Capital Territory untuk mempelajari perilaku kanguru di habitat alami mereka. Penelitian dilakukan di Cagar Alam Tidbinbilla dekat Canberra, sebab wilayah ini dianggap sebagai lokasi utama sering terjadinya tabrakan mobil dengan kanguru.

Alat deteksi pada mobil nantinya akan berfungsi sebagai pemberitahu untuk menghindari tabrakan dengan menggunakan radar. Selain itu, terdapat juga kamera mendeteksi hewan dan secara otomatis akan melakukan pengereman dalam menghindari tabrakan.

(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2844 seconds (0.1#10.140)