Jepang Bentuk Pasukan Anti Teror Drone

Senin, 14 Desember 2015 - 21:19 WIB
Jepang Bentuk Pasukan Anti Teror Drone
Jepang Bentuk Pasukan Anti Teror Drone
A A A
TOKYO - Siapa yang tak mengenal drone, pesawat tanpa awak kini angka penggunannya semakin meningkat 50%. Drone selain digunakan untuk sarana bisnis (pengiriman barang) juga banyka fungsi lain.

Melihat angka pengguna semakin tinggi di Amerika Serikat dibuatkan peraturan terkait hal ini. Setiap drone harus didaftarkan resmi kebadan regulasi setempat, langkah ini juga diberlakukan di negara Jepang.

Sepertri dilansir dari BBC, Senin (14/12/2015), dikabarkan Jepang telah membentuk tim khusus, untuk mengantisipasi penyalahgunaan drone. Salah seorang senior kepolisian Jepang mengatakan, melihat perkembangan drone saat ini, bukan mustahil drone dapat membawa sebuah bom.

Mengantisipasi hal ini, kepolisian Jepang membuat sebuah drone yang dilengkapi dengan jaring. Ini digunakan untuk memburu drone yang akan ditangkap.

Drone pemburu akan beroperasi bila diketahui ada sebuah drone terbang di kawasan yang tidak diperbolehkan. Tentunya pihak polisi akan memberi peringatan agar terlebih dahulu pada "pilot' drone. Bila tak digubris baru akan diburu untuk dilumpuhkan.

Paul Haswell selaku firma hukum dari Pinsent Masons mengungkapkan bahwa di Jepang saat ini sudah ketat untuk penggunaan drone, seperti di daerah penerbangan, kawasan pembangkit listrik. Dan dibatasi untuk terbang tidak boleh melebihi 150 meter.

Bahkan di beberapa kota besar seperti di Tokyo dan Osaka, penggunaan drone di taman sudah dilarang. Karena mengingat kejadian April lalu, dimana kantor dari Perdana Menteri Jepang disambangi oleh drone yang memuat radio aktif. Untungnya tidak ada seorang pun yang terluka.

Dikabarkan, sang pilot drone tersebut langsung ditangkap tidak lama kemudian. Rencananya pemerintah Jepang akan mengesahkan peraturan terkain drone sebelum akhir 2015. Ini sebuah contoh antisipasi yang bagus, dimana di Indonesia juga mengalami peningkatan para pengguna drone.

Berikut video aksi seru drone polisi Jepang menangkap drone liar. Klik
">link.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0560 seconds (0.1#10.140)
pixels