AHM Gelar Uji Kompetensi Teknik Sepeda Motor untuk 25.440 Siswa SMK

Jum'at, 01 April 2016 - 18:32 WIB
AHM Gelar Uji Kompetensi Teknik Sepeda Motor untuk 25.440 Siswa SMK
AHM Gelar Uji Kompetensi Teknik Sepeda Motor untuk 25.440 Siswa SMK
A A A
JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) bekerjasama dengan jaringan Main Dealer (MD) Honda di seluruh Indonesia, melakukan uji kompetensi kepada 25.440 siswa dari 477 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan Teknik Sepeda Motor Honda.

Kegiatan ini merupakan upaya perusahaan dalam menyiapkan tenaga muda terampil melalui dunia pendidikan. Uji kompetensi teknik untuk siswa ini merupakan bagian dari upaya terintegrasi dari Program Pendidikan Satu Hati melalui implementasi Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda yang digulirkan AHM bersama jaringannya.

Proses pengujian dilakukan secara bertahap, pada tahap I, sekitar 25.440 siswa mengikuti uji teori dan praktek, berisikan materi mengenai pemeliharaan dan perbaikan sepeda motor Honda. Kegiatan tahap awal uji ini diselenggarakan di 477 sekolah SMK KTSM Honda pada periode 1 Februari – 31 Maret 2016.

General Manager Technical Service Division Wedijanto Widarso mengungkapkan uji kompetensi tahap awal ini bertujuan mengukur kemampuan siswa SMK binaan AHM di seluruh Indonesia terhadap kurikulum yang sudah dibuat oleh AHM bersama jaringannya. AHM berharap kompetensi para siswa SMK akan terus terasah secara berkesinambungan sehingga dapat tercipta tenaga-tenaga terampil yang mumpuni untuk berkarya bagi bangsa.

“Program ini merupakan salah satu upaya kami untuk mengoptimalkan link and match antara dunia kerja dan pendidikan agar menghasilkan lulusan dengan kompetensi tinggi,” ujarnya dalam keterangan resminya, Jumat (1/4/2016).

Setelah lolos seleksi tahap I, mereka mengikuti ujian tahap II yang dilangsungkan di Training Center Main Dealer Honda di 27 kota. Tercatat 477 siswa berhasil lolos ke tahap II. Mereka telah diuji kembali dengan materi yang lebih lengkap, yaitu materi studi kasus troubleshooting sepeda motor Honda.

Para siswa terbaik dari setiap daerah berkesempatan mengikuti seleksi tahap akhir di tingkat nasional pada Juni 2016 di Astra Honda Training Center (AHTC), Jakarta. Keseluruhan materi uji kompetensi pada setiap tahap dibuat secara khusus dengan standar pemeliharaan dan perbaikan sepeda motor Honda yang berlaku di seluruh jaringan Honda.

Di bawah naungan Program Pendidikan Satu Hati, AHM juga telah meresmikan Tempat Uji Kompetensi (TUK) TSM Honda di berbagai wilayah. TUK difungsikan sebagai sarana menguji kompetensi dan keterampilan para guru dan mekanik, serta berperan penting ‎sebagai tempat uji kompetensi ‎yang menjadi salah satu syarat kelulusan siswa.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5894 seconds (0.1#10.140)