Terbang Terlalu Tinggi, Drone Tertabrak Pesawat

Selasa, 19 April 2016 - 14:45 WIB
Terbang Terlalu Tinggi, Drone Tertabrak Pesawat
Terbang Terlalu Tinggi, Drone Tertabrak Pesawat
A A A
LONDON - Seiring perkembangan teknologi, berbagi macam perangkat canggih telah tercipta untuk mempermudah kehidupan manusia. Diluar perangkat smartphone, salah satu perangkat yang saat ini cukup populer ditengah masyarakat adalah Drone.

Bagi yang belum terbiasa mendengar hal ini, Drone merupakan pesawat pengintai tak berawak yang dijalankan dengan pusat kendali di suatu tempat dengan menggunakan remote control dan biasanya digunakan untuk proses pengintaian. Selain itu, perangkat ini juga dapat disetting untuk dapat terbang secara otomatis.

Namun baru-baru ini terjadi sebuah insiden yang cukup mengejutkan di Inggris. Dimana sebuah pesawat komersial British Airways menabrak sebuah Drone saat sedang melakukan pendaratan.

Dilansir dari Autoevolution, Selasa (19/4/2016), kejadian ini terjadi pada hari Minggu ketika pesawat British Airways dilaporkan telah melakukan kontak dengan sebuah pesawat tanpa awak saat ingin mendarat. Saat itu, Airbus A320 kembali ke London dari Jenewa, Swiss, yang membawa 132 penumpang dan lima awak. Setelah mendarat dengan selamat, pilot melaporkan tabrakan antara ujung depan pesawat dan sebuah benda yang dirasa adalah drone.

"Pesawat kami telah menabrak sebuah Drone dan ungtungnya dapat mendarat dengan selamat. Saat ini pesawat sedang diperiksa oleh teknisi kami dan itu dibersihkan untuk mengoperasikan penerbangan berikutnya," ujar Seorang juru bicara British Airlines.

Saat ini pihak berwajib masih menindak lanjuti kejadian ini. Namun jika terbukti pesawat benar menabrak sebuah Drone, maka Pemerintah setempat siap memberlakukakn aturan khusus terhadap area dan batasa maksimum ketinggian Drone.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8825 seconds (0.1#10.140)