Pabrik Honda di Karawang Masih Produksi Honda Freed Model Lama

Jum'at, 24 Juni 2016 - 14:14 WIB
Pabrik Honda di Karawang...
Pabrik Honda di Karawang Masih Produksi Honda Freed Model Lama
A A A
JAKARTA - Seperti diketahui banyak beredar gambar jelang kemunculan generasi baru Honda Freed di Jepang tahun ini, bagaimana dengan di Indonesia? Sebagai informasi Freed hanya dijual dibeberapa negara saja. Selain Jepang, Honda menjualnya di Indonesia, dan Hong Kong. Sebelumnya, Indonesia merupakan negara kedua yang meluncurkan Freed setelah Jepang, 2009 lalu.

Hingga kini PT Honda Prospect Motor (HPM) masih memproduksi dan menjual multi-purpose vehicle (MPV) Freed di pabrik Karawang, Jawa Barat. Tak ada rencana untuk menghentikan produksi Freed. Terkait Honda Motor Jepang akan meluncurkan model terbaru Freed pastinya ini juga akan muncul di Indonesia namun, belum diketahui waktunya.

Marketing and Aftersales Service Director HPM Jonfis Fandy mengungkapkan kalau pihaknya tidak memproduksi Freed dalam jumlah banyak, namun hanya menyesuaikan kebutuhan pasar.

"Freed masih diproduksi di Karawang, itu artinya belum ada keputusan untuk menghentikan produksi. Karena dari Honda Motor belum ada pemberitahuan terkait Freed baru. Sekarang masih produksi yang lama, sesuai dengan kebutuhan konsumen," ujarnya, belum lama ini.

Berbicara penurunan penjualan, ini karena konsumen beralih ke model lain, seperti membeli Mobilio dan BR-V. Jonfis menambahkan kalau MPV boxy memang kurang diminati di pasar Indonesia. Karakter konsumen Indonesia lebih suka pada mobil tujuh tempat duduk dengan penampilan stylish atau sporty.

"Freed kan MPV boxy dan itu tidak begitu disukai di Indonesia. Jadi, desain boxy itu yang menjadi kendala. Mereka ingin SUV (sport utility vehicle) atau MPV yang stylish dan sporty. Freed yang baru memang masih boxy, tapi nanti ke depannya kan enggak tahu trennya bagaimana. Semua bergantung pada tren," ujar Jonfis.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0964 seconds (0.1#10.140)