Ferrari Tes Kokpit Halo 2

Jum'at, 01 Juli 2016 - 22:20 WIB
Ferrari Tes Kokpit Halo 2
Ferrari Tes Kokpit Halo 2
A A A
WINA - Ferrari menjadi tim Formula 1 pertama yang menjajal perangkat keselamatan baru berupa kokpit semi-tertutup. Perangkat yang diberi nama ‘Halo 2’ ini dipasang di mobil SF16-H. Hal ini terkait setelah Badan Otomotif Internasional, FIA, memutuskan untuk mengubah sejumlah peraturan Formula 1 musim 2017.

Seperti dilansir Crash, (1/7/2016) Versi baru dari pelindung kokpit Halo 2, dicoba pada hari Kamis (30/6/2016) siang jelang seri Austria . menyusul tes perdana saat sesi tes pra musim lalu, Ferrari kali ini melakukan tes untuk proses evakuasi pembalap dari kokpit setelah terjadi insiden.

Halo 2 memiliki perbaruan pada strukturnya, kini terbuat dari bahan titanium yang membuatnya lebih ringan namun tetap sekuat serat karbon. Desain lingkar pelindung pun lebih lebar untuk menghindari terbenturnya kepala pembalap saat terjadi tabrakan.

Halo menjadi salah satu solusi untuk melindungi pengemudi yang saat ini sedang dipertimbangkan oleh badan balap Formula 1, FIA. Sistem ini rencananya bakal digunakan mulai musim 2017.

Konsep ‘Halo’ awalnya dikembangkan oleh Mercedes-Benz Motorsports, yang kemudian diambil alih oleh FIA tahun lalu. Perangkat ini diharapkan bisa melindungi pengemudi dari serpihan saat terjadi kecelakaan, seperti yang menyebabkan kematian pebalap Indycar, Justin Wilson, tahun kemarin.

Sejauh ini, FIA masih menerima dan mengevaluasi alternatif desain. Kemungkinan langkah berikutnya adalah untuk menempatkan perangkat tersebut pada mobil-mobil lain untuk mendapatkan masukan dari driver-driver jet darat.

Namun, ‘Halo’ juga berpotensi menghalangi pandangan pengemudi, meski hal itu coba dibantah FIA yang mengklaim telah melakukan tes di trek terbatas dengan desain serupa dan tidak ada masalah. Raikkonen pun menyebut kokpit baru ini sedikit aneh.

FIA hingga saat ini masih mempertimbangkan untuk mewajibkan seluruh tim memakai sistem pelindung kokpit mulai musim depan. Rencananya bulan ini keputusan akan diumumkan.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8953 seconds (0.1#10.140)