Juni, Penjualan Mobil di AS Melambat

Sabtu, 02 Juli 2016 - 13:33 WIB
Juni, Penjualan Mobil di AS Melambat
Juni, Penjualan Mobil di AS Melambat
A A A
NEW YORK - Laju penjualan mobil di Amerika Serikat (AS) pada Juni melambat dibanding tahun lalu, penjualan sedan yang merosot mengimbangi permintaan yang kuat untuk pickup dan kendaraan sport.

Seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (2/7/2016), menurut Autodata Corp, laju penjualan mobil pada Juni di AS mencapai 16.660.000, turun dari periode sama tahun sebelumnya yang sebesar 17 juta kendaraan. Penjualan turun untuk General Motors Co, Toyota Motor Corp dan Volkswagen (VW).

GM, produsen mobil terbesar AS mengatakan, penjualan turun 1,6% menjadi 255.210 kendaraan pada Juni karena penjualan yang lebih rendah dari jenis Buick dan GMC, sehingga perusahaan terus memotong penjualan margin rendah ke AS atas mobil sewaan.

Ford Motor Co, Fiat Chrysler Mobil NV dan Nissan Motor Corp melaporkan peningkatan penjualan, terutama didorong oleh permintaan untuk truk ringan.

Kepala Ekonom GM Mustafa Mohatarem mengatakan, dengan rendahnya bunga, harga BBM yang stabil, meningkatnya upah dan kerja penuh akan mendorong penjualan mobil yang kuat di babak kedua.

Ford Motor Co mengatakan, penjualannya naik 6,4% karena terdorong jenis truk. Sementara, permintaan tinggi untuk merek Jeep mendorong penjualan Fiat Chrysler naik 7%.

"Permintaan konsumen untuk Ford SUV juga terus melonjak ke level tertinggi sepanjang masa," kata Wakil Presiden Ford Mark LaNeve.

Meskipun hasil Juni berada di bawah perkiraan beberapa pengamat, saham GM naik 2% menjadi USD28,89 per saham pada perdagangan Jumat. Saham Ford naik 1,2% menjadi USD12,72, dan Fiat Chrysler naik hampir 2% ke level USD6,24. Saham Toyota Motor yang terdaftar di AS naik 1%.

Toyota melaporkan 5,6% penurunan penjualan Juni terutama dikarenakan penjualan lemah dari sedan mewah. Kendaraan mewah Jerman, BMW AG juga menderita penurunan penjualan hampir 12%.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9711 seconds (0.1#10.140)