Honda Tak Pernah Komunikasi dengan Yamaha Bahas Masalah Harga

Jum'at, 22 Juli 2016 - 19:53 WIB
Honda Tak Pernah Komunikasi...
Honda Tak Pernah Komunikasi dengan Yamaha Bahas Masalah Harga
A A A
JAKARTA - Seperti diketahui Honda dan Yamaha diduga melakukan monopoli harga jual di industri sepeda motor oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Dalam hal ini pihak KPPU telah mempunyai dua alat bukti, diantaranya percakapan internal Yamaha lewat surat elektronik.

Menurut Ketua KPPU Syarkawi Rauf yang mengungkapkan, proses saling kirim email itu diketahui dari keterangan saksi ahli. Sehingga, bisa membantu dalam membuktikan kerjasama antara keduanya dalam pengaturan harga.

Sementara sumber internal PT Astra Honda Motor (AHM) yang enggan disebutkan namanya mengatakan kalau soal surat elektronik alias email itu bukanlah bukti atas tudingan kartel.

"Masalah email yang disampaikan di pengadilan bila kita pelajari, email itu antara internal Yamaha, bukan antara Honda dengan Yamaha," ujarnya kepada Sindonews, Jumat (22/7/2016).

Dia menambahkan kalau email tersebut tidak bisa menjadi kesimpulan bahwa AHM terlibat dalam kartel, apalagi email itu tak melibatkan pihak Honda. Menurutnya Honda tidak pernah berkomunikasi dengan Yamaha mengenai masalah pengaturan harga jual sepeda motor.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2161 seconds (0.1#10.140)