Apple Bajak Karyawan BlackBerry

Kamis, 27 Oktober 2016 - 14:56 WIB
Apple Bajak Karyawan BlackBerry
Apple Bajak Karyawan BlackBerry
A A A
CALIFORNIA - Niat Apple untuk merambah ke dunia automotif semakin terlihat agresif. Usai membajak karyawan Lit Motors, Apple kini memboyong karyawan BlackBerry.

Dikutip dari Autoblog, Kamis (27/10/2016), Apple telah mempekerjakan karyawan terbaik BlackBerry, Dan Dodge untuk membantu mengembangkan perangkat lunak mobil tanpa supir yang mereka kembangkan. Mereka mencari orang yang sudah tidak asing dengan dunia otomotif, dan Dan Dodge adalah orangnya.

Dan Dodge memiliki portofolio sebagai kepala divisi automotif di BlackBerry. Sebelumnya, dia menjabat sebagai CEO di sebuah perusahaan pengembang sistem operasi QNX.

Dan Dodge sudah terbiasa untuk membuat beragam software entertainment. Sebut saja Volkswagen, Daimler AG, Ford, dan beberapa merek otomotif lainnya pernah merasakan jasanya.

Sebelumnya, Perusahaan asal California itu memang punya ambisi ke sektor transportasi. Untuk mengebut proyek itu, Apple pun mencari bakat dari luar plus mengeksplorasi akuisisi perusahaan yang sesuai. Dua perusahaan yang digosipkan mereka incar: McLaren dan Lit Motors.

Lit Motors sebenarnya terbilang masih kecil. Sejak 2012, Apple mungkin tidak murni terpikat oleh motor C-1. Tapi lebih kepada kemampuan orang-orang di Lit Motors dan kemampuan mereka serta perusahaan dalam berinovasi.

Tidak disebutkan berapa nilai Lit Motors, tapi itu tentunya merupakan "uang receh" untuk Apple. Kabarnya, nilai pesanan total untuk motornya baru mencapai angka USD 2,2 juta. Sehingga mungkin akan lebih baik apabila perusahaan itu memang diakuisisi oleh raksasa seperti Apple.

Lit Motors menawarkan kendaraan roda dua tertutup yang menggunakan tenaga elektrik dan punya kemampuan self-balancing. Artinya, ini motor yang tidak akan bisa jatuh walau ditabrak dari samping maupun didorong atau ditarik dengan keras dari samping! Motor tertutup itu menggunakan setir ala mobil. Motor tersebut superstabil karena menggunakan gyro yang kuat.

Sebelumnya , Apple dikabarkan melakukan pembicaraan serius dengan McLaren perusahaan automotif yang selama ini dikenal sebagai tim balap di Formula 1 yang superkondang. Tak hanya itu McLaren juga memproduksi mobil super canggih untuk jalanan biasa.

Kabar pendekatan Apple terhadap McLaren itu kali pertama dilaporkan The Financial Times. Seperti diketahui Saat ini, industri otomotif yang berbasis elektrik dan teknologi tinggi memang sedang menjadi fokus banyak pihak.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7635 seconds (0.1#10.140)