Bus Ngangkang Buatan China Dipastikan Bermasalah

Rabu, 05 Juli 2017 - 17:59 WIB
Bus Ngangkang Buatan China Dipastikan Bermasalah
Bus Ngangkang Buatan China Dipastikan Bermasalah
A A A
BEIJING - Kendaraan futuristis asal China, Transit Elevated Bus (TEB) yang sempat menjadi perbincangan dunia, dituding sebagai proyek yang penuh penyimpangan.

Bus ini memiliki bentuk unik, serta diklaim bisa berjalan di atas kemacetan jalan. TEB sempat dites pada Agustus 2016, berjalan sejauh 300 meter di sepanjang jalan raya utama di kota pelabuhan Qinghuangdao, meninggalkan banyak masalah seperti debu yang menumpuk disetiap jalan yang telah dilalui TEB.

Seperti dilansir dari Carscoops, Setelah mendapat beberapa kritik, kini kelanjutan proyek TEB tidak jelas.Bahkan pihak berwenang China percaya bahwa semuanya adalah tipuan dan telah mulai menyelidiki dan mulai menangkap para pelaku.

Bus Ngangkang Buatan China Dipastikan Bermasalah


Kemarin, polisi Beijing mengumumkan bahwa mereka telah membuka penyelidikan atas dugaan penggalangan dana ilegal ke orang-orang di belakang Transit Elevated Bus

Polisi telah memeriksa lebih dari 30 orang yang terhubung dengan penanam modal Huaying Kailai, yang mengumpulkan dana dari investor individual untuk bus tersebut. Polisi berusaha mengembalikan dana dari perusahaan; Menurut koran Southern Metropolis Daily, 72 investor telah mengajukan tuntutan terhadap perusahaan tersebut, sebanyak 9,1 miliar yuan (USD 1,3 miliar) pada bulan Oktober 2016, dua bulan setelah debut uji coba bu.

Kecurigaan itu menguat akhir tahun lalu, pasalnya perusahaan perancang Autek masih berutang jutaan Yuan untuk pekerjaannya bus, sementara jalur uji terbengkalai berbulan-bulan setelah batas waktu izin 31 Agustus 2017.

TEB yang diuji coba Agustus 2016 kini terbengkalai di tengah jalan Kota Qinhuangdao. Bus itu diklaim tidak pernah dinyalakan atau dirawat lebih dari dua bulan. Bus itu berada persis di tempat uji coba. Jalan yang digunakan untuk uji coba harus ditutup karena bus tersebut.

Saat melakukan uji coba TEB, perusahaan menyewa salah satu jalan di Qinhuangdao. Namun, semenjak proyek tersebut bermasalah, TEB ditinggalkan begitu saja, menutup tiga ruas jalan.

Bus Ngangkang Buatan China Dipastikan Bermasalah


“Tidak ada pihak yang melakukan tindakan selama dua bulan terakhir. Berikan kembali jalan kami, agar kami bisa lewat,” keluh salah satu penduduk.

Ada dua satpam yang menjaga bus tersebut. Namun salah satu satpam menyatakan mereka sudah tidak bisa menghubungi pengelola TEB.

“Manajer dari perusahaan sudah lama menghilang, dan saya tidak bisa menghubungi pihak lain,” tegas satpam yang tidak disebut namanya itu.

Awal September 2016 beredar kabar jika TEB akan kembali diuji coba. Namun kabar itu tidak terbukti dan TEB tetap teronggok di garasinya di tengah jalan.

TEB mendapat masalah beberapa hari setelah diuji coba. Pemberitaan media menyebutnya proyek penipuan. Investor yang takut segera menarik kembali dana mereka. Setelah itu kritik mengenai TEB ramai bermunculan di media lokal Tiongkok.

TEB mendapat kritik karena terlalu berat. Bis sepanjang 22 meter itu dianggap terlalu berat dan berisiko merusak jalan. Selain itu, terowongan yang tercipta di bawah TEB hanya bisa dilalui kendaraan dengan tinggi di bawah 2.1 meter. Hal ini dianggap tidak cocok di Tiongkok di mana kendaraan setinggi 4.2 meter masih kerap melintas.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7647 seconds (0.1#10.140)