Kuda Mobil Bandel, Cikal Bakal Mitsubishi Xpander

Minggu, 01 Oktober 2017 - 16:03 WIB
Kuda Mobil Bandel, Cikal Bakal Mitsubishi Xpander
Kuda Mobil Bandel, Cikal Bakal Mitsubishi Xpander
A A A
JAKARTA - Sebelum mobil Low MPV Mitsubishi lahir yakni Xpander, Mitsubishi punya mobil MPV yakni Kuda. Pada era 90-an Mitsubishi Kuda ikut meramaikan pasar MPV bersaing dengan Toyota Kijang dan Isuzu Panther.

Dengan mengutip dari berbagai sumber, SINDOnews coba mengingat tentang kedigdayaan Mitsubishi Kuda pada eranya. Dikenalkan secara global tahun 1997, Mitsubishi Kuda merupakan produk mobil hasil dari kolaborasi antara Mitsubishi Motors dan China Motor Corporation yang mana untuk target pasarnya yaitu untuk kawasan Asia.

Kuda Mobil Bandel, Cikal Bakal Mitsubishi Xpander


Yang unik dipasar global Mitsubishi Kuda memiliki nama yang berbeda beda, misalkan saja untuk pasar mobil taiwan dikenal sebagai Mitsubishi Freece. Kemudian untuk di negara vietnam diberi nama mitsubishi Joile, sedangkan dipasar tiongkok dan philipina diperkenalkan sebagai mitsubishi adventure. Meski mobil MPV Mitsubishi ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1997 namun masuk dipasar Indonesia pada tahun 1999 yang kemudian dihentikan produksinya pada tahun 2005.

Untuk di Indonesia sendiri pabrikan mitsubishi membekali mobil MPV ini dengan beberapa varian yakni Super Exceed,GLX dan GLS yang kemudian memasuki tahun 2002 mengalami pengembangan dengan menambahkan nama Deluxe, Diamond dan Grandia yang kemudian stop produksinya.

Secara fisik mobil ini memiliki kemiripan dengan para pesaingnya seperti Isuzu Panther dan Toyota Kijang, ketiga mobil ini pada tahun 90 an memang bersaing dibursa pasar mobil MPV dalam negri. Lalu untuk mendukung tenaga mesin yang gahar pabrikan mutsubishi membekali mobil ini dengan 2 type mesin yang berbeda yaitu mesin bensin dan diesel.

Namun khusus untuk di Indonesia yang digunakan hanya mesin bensin 1.6 liter yang masih menggunakan karburator yang dapat menyemburkan tenaga sebesar 114 HP pada 5.500 RPM.

Dengan adanya mesin tersebut membuat mobil ini memiliki tenaga yang cukup besar untuk kelas mobil MPV. Mesin yang bertenaga pada mobil merupakan salah satu kelebihan atau keunggulan yang ditawarkan mobil ini ke masyarakat .

Mitsubishi Kuda tenaganya sangat tangguh, dimana untuk torsi yang dihasilkan diatas rata rata mobil mpv lainnya pada saat itu. Dengan ketangguhan mesin tersebut, meski umurnya sudah cukup tua namun dengan mesin yang tangguh mobil ini mampu di ajak kemana saja yang sobat termasuk untuk melakukan adventure di alam bebas.

Kuda Mobil Bandel, Cikal Bakal Mitsubishi Xpander


Tidak hanya memiliki tenaga yang tangguh saja, Kelebihan Mitsubishi Kuda lainnya juga mesin responsif dan bandel. Untuk tarikan pertama mobil ini cukup dapat dan yang lebih penting lagi mesinnya sangat bandel sehingga jarang rusak. Pastinya dengan mesin yang bandel dapat meminimalkan biaya perawatan pada mesinnya.

Kelebihan Mitsubishi Kuda yang lainnya yaitu pandangan pengemudi yang luas, pastinya dengan pandangan yang luas akan memberikan kemudahan bagi si pengemudi untuk mengendarai dan mengendalikan mobil ini. Pandangan yang luas juga dapat memberikan kenyamanan dan menghilangkan rasa bosan para pengemudi karena si pengemudi dapat melihat keadaan yang ada disekitar.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8041 seconds (0.1#10.140)
pixels