Produk Lokal Mobil Desa Punya Kecepatan Luar Biasa

Selasa, 27 Maret 2018 - 16:08 WIB
Produk Lokal Mobil Desa Punya Kecepatan Luar Biasa
Produk Lokal Mobil Desa Punya Kecepatan Luar Biasa
A A A
JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memperkenal sebuah karya mobil desa yang diberi nama Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI)komponennya diproduksi dalam negeri. Mobil desa ini merupakan program alat mekanisme multifungsi pedesaan (AMMDes) untuk memacu kegiatan ekonomi pedesaan dan penguasaan teknologi otomotif.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan bahwa mobil desa ini berasal dari komponen yang dibuat oleh perusahaan lokal dari PT Velasto Indonesia. Hal ini nantinya akan dijual di pasaran dalam membantu kebutuhan pertanian seperti mengangkut hasil panen.

" Kalau angkutan pedesaan ini sudah ada di pasar itu mobil yang diproduksi oleh Wintour dan Khs , nah ini ada produk lagi yang disiapkan di pasar okeh karena itu kuartal ketiga bentuknya sudah kelihatan ," Airlangga di Gedung Kemenperin, Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Mengenai regulasinya masih akan dibahas lebih dalam . Lantaran, regulasi ini agar tidak menyulitkan masyarakat desa dalam menggunakan mobil desa yang dibuat untuk meningkatkan perekonomian di Indonesia.

" Regulasi kita masih bahas forum diskusi ini. dalam summit ini kita bahas mengenai regulasinya yang berbeda dengan negara lainnya," katanya.

Seperti diketahui, mobil pedesaan ini memilki komponen yang bergerak dengan sistem penggerak roda belakang. Seperti sistem kemudi yang digunakan oleh rack dan pinion. Sedangkan sistem rem mobil desa ini memakai 4 disk brake dengan transmisi 4 speed manual 1 reverse. Uniknya mobil ini tidak memiliki atap. Namun kecepatan maksimum mobil desa ini bisa mencapai 40 kilometer/ jam. Dengan power take off 2800 rpm, dimensi 341 x 136 x 194 cm.

Nantinya, Sistem radius putar 4.0 m, jarak sumbu roda 190 cm. Mobil desa ini juga bisa mengangkut berat 800 kg dengan daya angkut maksimum yang mencapai 700 kg pada jalan mendatar, 500 kilogram pada jalan mendaki.

Spesifikasi

Tipe mesin, diesel 12 HP, engine starter elektrik, kapasitas Tangki 9.0 liter, Roda penggerak roda belakang, sistem kemudi rack dan pinion, sistem rem 4 disk brake, transmisi 4 speed manual 1 reverse

Kecepatan maksimum 40 kilometer/ jam, power take off 2800 rpm, dimensi 341 x 136 x 194 cm, radius putar 4.0 m, jarak sumbu roda 190 cm, berat 800 kg daya angkut maksimum 700 kg pada jalan mendatar, 500 kilogram pada jalan mendaki
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7760 seconds (0.1#10.140)