Toyota Pastikan Supra Baru Bawa Platform dan Powerplant

Kamis, 28 Juni 2018 - 00:03 WIB
Toyota Pastikan Supra Baru Bawa Platform dan Powerplant
Toyota Pastikan Supra Baru Bawa Platform dan Powerplant
A A A
JAKARTA - Toyota memastikan akan segera mengumumkan varian mobil sport baru Toyota Supra dengan membawa platform dan powerplant.

Seperti dilansir dari Autopro, melaporkan bahwa produsen mobil Jepang ini ingin membumbui lineup-nya dengan mobil yang lebih emosional dan model pertama all-new dalam akan menjadi Supra Toyota yang telah lama ditunggu.

Toyota akan mengungkap varian ini, Oktober 2017 setelah sebelumnya model ini muncul pada 2014.

Rincian mobil Toyota Supra ini masih menjadi misteri. tapi diperkirakan hanya satu dari sekian banyak mobil sport yang ingin diumumkan Toyota di Jepang.

Selain penambahan mobil sport yang dipesan lebih dahulu ke kisaran ini, pembuat mobil akan memperkuat keluarga model GRMN setelah meluncurkan GRMN Yaris awal tahun ini.

Namun seperti diketahui, sudah dua tahun Toyota dan BMW mengumumkan kerjasama mereka untuk membangun mobil sport. Kini berkat seorang sumber yang dekat dengan Toyota, terkuak bahwa platform dan powerplant yang digunakan oleh Toyota Supra akan memakai milik Z4.

Kombinasi ini membentuk dasar dari upaya kolaboratif kedua pabrikan, dimana Supra dilahirkan kembali dan mendapatkan keuntungan dari konstruksi mutakhir BMW. Mengingat penerus Z4 sedang dikembangkan sebagai konversi, maka bisa dipastikan bahwa Supra akan mengikuti jejak BMW.

Pabrikan mengatakan belum menyelesaikan desain akhir tampilan mobil yang pernah menghiasi Film tenar Fast and The Furius. Namun dikatakan Supra baru akan memiliki beberapa ciri desain dari FT-1, dan BMW bertugas menjadi pemasok mesinnya.

Mesin tersebut adalah mesin 4 silinder 2.0 liter turbo direct injection yang dikawikan dengan girboks BMW. Mesin bakal mendapat teknologi supercapacitor Toyota, sehingga membuatnya menjadi mobil sport plug-in hybrid dengan tenaga sekitar 354PS.

Supra baru akan menggabungkan tiga motor listrik yang dibuat BMW. Dua motor-generator akan dipasang pada as roda depan dan satu dipasang di belakang. Hebatnya dua unit motor-generator akan mengumpulkan energi panas yang didapat dari gaya pengereman untuk menghasilkan listirk yang kemudian dikirim ke super-kapasitor.

Melansir laman Motoring, satu motor listrik juga akan disematkan di belakang dengan mekanisme torque vectoring. Sementara super-kapasitor akan meningkatkan akselerasi dan meningkatkan kinerja pengiriman tenaga mesin lewat pembakaran internal.

Meski demikian Supra hanya akan dilengkapi dengan plug-in hybrid powertrain turbo, dan tidak akan ditawarkan dengan pilihan turbo-bensin standar BMW. Supra baru juga nantinya bakal dijejali sistem penggerak semua roda dengan transmisi dual-clutch terbaru.

Mobil ini memiliki bobot dibawah 1.400 kg dan ditujukan sebagai versi lebih tinggi dari Toyota 86. Generasi baru Toyota Supra baru akan hadir meyapa setidaknya dalam kurun waktu tiga tahun mendatang.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9231 seconds (0.1#10.140)