Pasar Motor Jakarta Stagnan, Wahana Tetap Pimpin Pasar

Kamis, 17 Januari 2019 - 10:51 WIB
Pasar Motor Jakarta Stagnan, Wahana Tetap Pimpin Pasar
Pasar Motor Jakarta Stagnan, Wahana Tetap Pimpin Pasar
A A A
PT Wahana Makmur Sejati terus memimpin market share sepeda motor wilayah Jakarta dan Tangerang meskipun pasar motor belakangan ini stagnan. Menurut Edi Setiawan, Chief Marketing Officer (CMO) Wahana Artha Group, pasar motor di wilayah Jakarta dan Tangerang sudah tidak bertumbuh lagi. Sejak 2016 hingga 2018 pasar motor di kedua kota itu bahkan cenderung turun.

Di tengah turunnya pasar motor itu, Edi mengatakan Wahana masih menguasai market share pasar motor Jakarta dan Tangerang sebesar 72%. Raihan itu meningkat 2,5% dibandingkan tahun 2017. Sepanjang tahun 2018 Wahana berhasil menjual sebanyak 401.500 unit motor Honda.

“Tahun ini kami menargetkan kurang lebih 425.000 unit,” ujar Edi. Wahana, menurut Edi, tidak bisa mendongkrak target lebih besar lagi karena pasar motor di Jakarta memang tidak bergerak. Selain itu, mereka tidak bisa mengembangkan atau ekspansi pasar ke wilayah lain.

“Kecuali PT Astra Honda Motor memberikan tanggung jawab untuk mengembangkan area lainnya,” kata Edi. Dia mengatakan wilayah Jakarta dan Tangerang memang sangat berbeda dengan wilayah Indonesia lainnya.

Menurutnya, Jakarta dan Tangerang tidak memiliki faktor dominan yang bisa mendukung penjualan motor Honda. “Daerah lebih baik karena punya banyak faktor dominan. Misalnya Sumatera jika perkebunan naik, maka penjualan motor naik, begitu juga sebaliknya,” ucapnya.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7695 seconds (0.1#10.140)