Jumlah Penduduk Luar Biasa, Jawa Barat Market Potensial Pelumas Pertamina

Senin, 01 April 2019 - 09:00 WIB
Jumlah Penduduk Luar Biasa, Jawa Barat Market Potensial Pelumas Pertamina
Jumlah Penduduk Luar Biasa, Jawa Barat Market Potensial Pelumas Pertamina
A A A
BANDUNG - PT Pertamina Lubricants menilai Jawa Barat sebagai pasar potensial produk pelumas Pertamina. Tingginya jumlah penduduk dan industri membuat serapan pelumas di provinsi ini cukup tinggi.

Brand Communication Manager PT Pertamina Lubricants, Syafaat Djazuli mengatakan, Jabar merupakan pasar pelumas yang sangat penting. Hal itu lantaran populasi masyarakat Jabar yang cukup tinggi, sehingga pangsa pasar ritel di Jawa Barat cukup tinggi.

“Selain ritel, pangsa pasar industri juga cukup besar, dengan adanya industri dengan pabrikasinya. Industri kami tunjang dengan produk hidrolik dan kendaraan besarnya,” kata Syafaat dalam acara Kopdar Go Out & Adventure di Noah Barn Cafe Jalan Dayang Sumbi, Kota Bandung, akhir pekan kemarin.

Menurut dia, selama ini kontribusi produk pelumas Pertamina di Jawa Barat terhadap nasional mencapai 50% dengan market share mencapai 50%. Tingginya penggunaan produk pertamina tak lepas dari kepercayaan masyarakat.

“Mesran, Enduro, Prima XP paling banyak kontribusinya atas penjualan produk pelumas. Pasar Enduro mencapai 50% untuk segmen sepeda motor. Walaupun, semua produk punya segmen sendiri,” klaimnya.

Dia optimistis, pasar pelumas pada tahun ini akan terus tumbuh. Indikatornya, kondisi ekonomi yang cenderung stabil serta kondisi politik yang cukup baik. Produksinya, Pertamina mencatat growth di atas 3% dari pencapaian tahun lalu.

Lebih lanjut dikatakan, berbagai upaya terus dilakukan Pertamina untuk mengedukasi masyarakat. Salah satunya mengadakan kegiatan Kopdar (Kopi Darat) bersama lebih dari 70 member Bikers Community Kota Bandung.

Acara ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian perhelatan touring adventure dari Sabang-Gresik 5.000 KM oleh Stephen Langitan dan bikers lainnya. Ajang bertajuk “Enduro Touring Go Out Adventure” ini dimulai dari kawasan wisata Tugu Nol Km Sabang, Aceh pada Sabtu, 9 Maret 2019 lalu.

Sebelumnya, Stephen dan rombongan telah menempuh perjalan melalui Medan, Padang, Bengkulu, Lampung dan hari ini telah berhasil menyeberangi Selat Sunda menuju Kota Bandung. Kemudian dilanjutkan ke Yogyakarta yang direncanakan finish pada 6 April 2019 di Production Unit Gresik (PUG) PT Pertamina Lubricants, Jawa Timur. Estimasi total waktu perjalanan touring selama 29 hari yang dibagi kedalam 5 etape perjalanan.

“Kami berharap seluruh peserta dan seluruh komunitas bikers yang hadir di acara kopdar dapat mendapatkan inspirasi dan terus menyebarkan semangat positif kepada masyarakat Indonesia. Terutama dalam mencintai produk hasil karya anak bangsa serta lebih menjaga dan mencintai kekayaan alam Indonesia,” kata Arie Anggoro Vice President Domestic Retail Automotive PT Pertamina Lubricants. Arif Budianto
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1732 seconds (0.1#10.140)