Huawei Indonesia Pastikan Ponsel OS HongMeng Meluncur Akhir 2019

Kamis, 01 Agustus 2019 - 02:32 WIB
Huawei Indonesia Pastikan Ponsel OS HongMeng Meluncur Akhir 2019
Huawei Indonesia Pastikan Ponsel OS HongMeng Meluncur Akhir 2019
A A A
JAKARTA - Sistem operasi (OS) milik Huawei, HongMeng, yang awalnya dikabarkan akan dipakai untuk smartphone belakangan diketahui lebih dulu dihadirkan di perangkat berbasis Internet of Things (IoT). Yang jelas OS pengganti Android itu bakal meluncur akhir 2019.

Soal alasan mengapa keputusan itu diambil, Chief Technology Officer Huawei Indonesia, Vaness Yew mengatakan, informasi itu masih bersifat konfidensial untuk publik. "Soal implementasi HongMeng di ponsel, itu masih bersifat konfidensial untuk publik," kata Vaness di Jakarta, Rabu (31/7/2019).

Namun dia mengungkapkan, smartphone Huawei dengan sistem operasi HongMeng sepertinya akan diluncurkan pada akhir tahun ini juga. "Tapi pada akhirnya kalian akan melihat (OS HongMeng) di akhir tahun dalam peluncuran ponsel terbaru Huawei," bebernya.

Sekadar informasi, dua perangkat 5G Huawei kabarnya akan diluncurkan akhir tahun ini yakni Mate 30 5G dan ponsel lipat Mate X. Tapi belum diketahui apakah sistem operasi HongMeng ikut dibenamkan pada kedua handphone flagship tersebut.

HongMeng sendiri sebetulnya sudah didiskusikan Huawei sejak tujuh tahun lalu. Awalnya diskusi dilakukan untuk merespons kesuksesan sistem operasi smartphone milik Google, yakni Android.

Selain itu HongMeng dirancang agar mereka tak ketergantungan dengan sistem operasi Android. Niat Huawei untuk meluncurkan HongMeng semakin kuat setelah AS memasukkan Huawei dalam daftar hitam perdagangannya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9790 seconds (0.1#10.140)