Transformasi Digital BGR Logistics Diapresiasi iCIO Award 2020

Kamis, 12 Maret 2020 - 10:15 WIB
Transformasi Digital BGR Logistics Diapresiasi iCIO Award 2020
Transformasi Digital BGR Logistics Diapresiasi iCIO Award 2020
A A A
JAKARTA - BGR Logistics sepanjang tahun lalu menggelar transformasi digital terhadap operasional perusahaan. Hasil dari transformasi digital itu pun diakui oleh pihak luar. Salah satunya, adanya raihan dalam ajang iCIO Award 2020.

Di acara itu, Direktur Utama BGR Logistics, M. Kuncoro Wibowo, mendapatkan penghargaan sebagai The Most Inspiring CEO. Penghargaan diterima berdasarkan sejumlah inovasi dan transformasi yang dilakukannya selama memimpin badan usaha mMilik negara (BUMN) yang bergerak di bidang penyedia jasa logistik.

Kuncoro Wibowo menilai, penghargaan yang diterima di ajang iCIO Award merupakan pengakuan stakeholder atas transformasi digital yang dilakukan manajemen BGR Logistics. Selain itu, juga merupakan usaha bersama seluruh karyawan untuk menghadapi era digital.

Lebih lanjut dikatakan Kuncoro, persaingan bisnis logistik yang sangat ketat, membuatnya perlu melakukan diferensiasi layanan yang diberikan kepada pelanggan. Untuk itu, BGR Logistics memposisikan diri sebagai Digital Logistics Company, seiring inovasi digital yang dilakukan guna memperkuat bisnis.

Inovasi digital tersebut antara lain, sistem pergudangan yang disebut dengan Warehouse Integrated Application (WINA) dan sistem armada, Fleet Integrated and Order Monitoring Application (FIONA).

Di sisi lain, Kuncoro mengungkapan, dirinya juga melihat peluang bisnis logistik yang menyentuh pangsa pasar retail. Bisnis logistik tersebut dibangun dengan sebuah platform aplikasi yang dinamakan BGR Access, di mana aplikasi membantu masyarakat dalam hal membuang barang bekas elektronik yang sudah rusak maupun sudah tidak digunakan.

“Aplikasi ini juga tengah dikembangkan untuk layanan pembuangan minyak goreng bekas dan oli bekas. Proses logistik yang terjadi kita menyebutnya sebagai reverse logistics,” kata Kuncoro.

Selain itu, platform BGR Access ini juga akan dikembangkan untuk membantu pemerintah dalam logistik kedaulatan pangan. Kolaborasi dengan stakeholder terkait dan BUMN di cluster pangan juga tengah dijajaki.

Melalui inovasi digital, Kuncoro berharap, pihaknya dapat terus memberikan kontribusi yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat. “Semoga kami terus mendapatkan dukungan untuk inovasi digital di industri logistik ini, dan juga untuk aplikasi BGR Access yang akan bermanfaat bagi banyak pihak serta masyarakat,” harapnya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3388 seconds (0.1#10.140)