KLH Perkenalkan Eco-Driving

Sabtu, 31 Mei 2014 - 12:11 WIB
KLH Perkenalkan Eco-Driving
KLH Perkenalkan Eco-Driving
A A A
JAKARTA - Hari ini bertepatan dengan Pekan Lingkungan Hidup 2014, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) kembali menyelenggarakan kegiatan Workshop dan Rally Eco-Driving. Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan konsep dan manfaat Eco-Driving, sekaligus memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan praktek mengemudi ramah lingkungan.

Deputi Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan KLH, Karliansyah, mengatakan, Eco-Driving terbukti menurunkan konsumsi bahan bakar sekitar 10-20%. Kondisi ini dipercaya dapat mengurangi tingkat pencemaran udara, merubah cara mengemudi menjadi lebih nyaman serta mengurangi kecelakaan lalulintas. "Program ini mendukung penghematan atau efisiensi penggunaa energi," ucapnya.

Dia menambahkan, bahwa tema Eco-dDiving tahun ini adalah gunakan bahan bakar rendah sulfur. Tema ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan penyadaran kepada masyarakat untuk menggunakan dan memilih bahan bakar rendah sulfur, atau singkatnya bahan bakar yang lebih bersih.

"Bahan bakar yang lebih bersih tersebut bahan bakar yang non subsidi ataupun bahan bakar alternatif lainnya, seperti bahan bakr gas, atau bahan bakar biofuel." ujar Karliansyah.

Melalui pengoperasian kendaraan yang lebih ramah lingkungan maka kerusakan komponen kendaraan dan biaya perawatan dapat diminimalkan secara signifikan. Pada akhirnya, setiap penerapan Eco-Driving secara konsisten akan mendapat keuntungan finansial bagi pelakunya.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6671 seconds (0.1#10.140)