Shacman Truk Besar Ramah Lingkungan Hadir di IIMS 2014

Jum'at, 19 September 2014 - 16:54 WIB
Shacman Truk Besar Ramah Lingkungan Hadir di IIMS 2014
Shacman Truk Besar Ramah Lingkungan Hadir di IIMS 2014
A A A
JAKARTA - Melalui Agen Pemegang Merk (APM) resminya di Indonesia, PT Shacmindo Perkasa ikut meramaikan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014.

Kali ini mengusung tema "Efficient & Green", melalui produk andalan berupa heavy duty truck berbahan bakar CNG (Compressed Natural Gas).

Alasan dipilih tema ini adalah saat ini sektar 85% pencemaran udara di Indonesia, adalah kontribusi dari emisi gas buang dari kendaraan bermotor

Hal lain yang menarik selain isu lingkungan, adalah isu seputar efisiensi bahan bakar yang dihasilkan oleh truk dengan bahan bakar alternatif.

Director of Sales & Marketing PT Shacmindo Perkasa, Satrio mengatakan, pihaknya sengaja memamerkan truk heavy duty yang memang dirancang untuk menggunakan bahan bakar CNG, bukan sekadar mesin konvensional yang diberi alat konversi bahan bakar.

"Jika menggunakan konverter bahan bakar, efisiensi maksimal yang diperoleh hanya mencapai 15% dibandingkan dengan menggunakan solar non-subsidi. Sedangkan jika kendaraan yang sejak awal dirancang untuk menggunakan bahan bakar gas bisa mencapai efisiensi 66%," ujar Satrio di IIMS 2014, pada Jumat (19/9/2014).

Hal ini telah dibuktikan pada Juli 2014, menggunakan CNG Dump Truck 380 HP melalui serangkaian uji coba yang dilakukan baik on the road maupun off the road. Tingkat tanjakan mencapai 30 derajat, baik tanpa muatan ataupun dengan muatan seberat 30 ton mengangkut tanah dan batuan.

Untuk urusan penjualan, dalam delapan tahun terakhir Shacman berhasil menjual truk CNG atau LNG sebanyak 80.000 unit dengan populasi yang tersebar di seluruh dunia termasuk di Tiongkok sendiri. Sedangkan di Indonesia, tahun lalu Shacman berhasil menjual 300 unit dan akan melepas 300 unit lagi tahun ini.

Di pasar Indonesia, PT Shacmindo Perkasa fokus pada empat varian, yaitu Tractor Head (Diesel & Gas), Dump Truck (Diesel & Gas), Long Chassis Truck (Diesel & Gas), (Cement Mixer)

Keempat varian itu dipilih berdasarkan permintaan pasar yang masih cukup tinggi dari industri pengangkutan barang (logistik), pertambangan, perkebunan, forestry, oil & gass dan lain-lain di mana rata-rata pertumbuhan dari masing-masing industri tersebut masih menunjukkan tren yang masih cukup baik di Indonesia.

Di IIMS kali ini, Shacman memboyong empat unit displai adalah Tractor Head 6x4 CNG 350HP (Bahan Bakar Gas), Dump Truck 6x4 CNG 380HP dengan Bahan Bakar (CNG), Tractor Head 6x4 375HP(Diesel), Cemen Mixer Truck 6x4 336 HP Capacity 8 m3 (Diesel).
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7346 seconds (0.1#10.140)