Lotus C-01 Superbike Siap Dikirim ke Konsumen Pertama

Senin, 01 Desember 2014 - 20:14 WIB
Lotus C-01 Superbike Siap Dikirim ke Konsumen Pertama
Lotus C-01 Superbike Siap Dikirim ke Konsumen Pertama
A A A
LONDON - Ketika Lotus pertama kali memperlihatkan konsep Lotus C-01 Superbike pertengahan Februari lalu, sang desainer Daniel Simon mengatakan versi produksi tidak akan terlalu radikal seperti versi konsep.

Sembilan bulan kemudian, foto produksi yang dilansir pabrikan memperlihatkan bentuk motor yang tidak jauh berbeda. Motor hasil racikan mantan desainer Bugatti ini tetap diluar pakem konvensional apalagi disebut konservatif.

Motor yang hanya dibangun 100 unit ini pertama kali masuk produksi pada akhir September lalu. Lotus C-01 bernomor seri 001 sudah direkayasa, diuji serta siap untuk dikirim ke pelanggan pertama di dunia.

lotus co1Lotus

Jantung Lotus C-01 diambil dari KTM RC8R, yaitu mesin V-Twin berkapasitas 1.195cc bertenaga 175dk. Dapur pembakaran ini berbeda dengan yang pertama kali dirilis yaitu mesin V-Twin 1.200cc bertenaga 200dk.

Sejumlah spesifikasi Superbike disematkan untuk menunjang performa dasyat. Bagian rem disuplai Brembo, suspensi dari Ohlins dan rangka chromoly teralis baja lansiran Kalex.

Dilansir dari Motorcylenews, Senin (1/12/2014), selain frame berteknologi tinggi, bodi dirancang dari serat karbon yang hadir dengan berbagai macam corak dan kustomisasi yang bisa disesuaikan oleh imajinasi klien.

Kendati menyandang nama Lotus. C-01 ini tidak dirancang, direkayasa atau diproduksi langsung oleh Lotus. Motor ini hasil kreasi Kodewa, yang membeli lisensi merek untuk menambahkan gengsi.

"Kami membuat sepeda motor yang tidak hanya besar, tapi juga merupakan sebuah karya seni. Ini adalah kombinasi yang unik, dimana teknologi tinggi berpadu dengan estetika,” jelas bos Kodewa Dr Colin Kolles Februari lalu.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3791 seconds (0.1#10.140)