Aston Martin Uji Coba Panel Surya di Mobil Balap

Selasa, 02 Desember 2014 - 18:22 WIB
Aston Martin Uji Coba...
Aston Martin Uji Coba Panel Surya di Mobil Balap
A A A
LONDON - Teknologi alternatif sebagai pengganti bahan bakar minyak kian populer, mulai dari mobil listrik, hidrogen hingga biobutanol. Pabrikan mobil berlomba hadirkan kecakapan rekasaya agar produknya mendapat label ramah lingkungan.

Tidak ketinggalan Aston Martin yang berinovasi membekali tunggangannya dengan panel tenaga surya. Namun tujuan utama bukan menjadi mobil tenaga matahari seutuhnya. Inovasi ini didaulat untuk membantu mobil melaju kencang di trek balap.

Dilansir dari Worldcarfans, Selasa (2/12/2014), Aston Martin bekerja sama dengan Hanergy Thin Film Power untuk menguji manfaat penerapan panel surya. Tes pertama dilakukan akhir pekan lalu di Vantage GTE yang dilengkapi dengan dua panel surya di bagian atap.

Pabrikan menolak memberi komentar terkait manfaat langsung penambahan tenaga dari panel tenaga surya. Aston hanya mengisyaratkan panel dapat digunakan untuk membantu sistem tenaga tambahan seperti pendingin udara yang menghabiskan tenaga mesin.

"Ide di balik proyek teknologi surya adalah untuk membantu mengembangkan dan menunjukkan potensi panel Hanergy digunakan pada mobil balap maupun jalan raya. Tes ini menunjukkan bahwa sistem telah aktif dan sukses besar," ujar Direktur Teknik Balap Aston Martin Dan Sayers.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7896 seconds (0.1#10.140)