Pertamina Tanam 6500 Pohon di Kendari

Jum'at, 24 April 2015 - 21:14 WIB
Pertamina Tanam 6500 Pohon di Kendari
Pertamina Tanam 6500 Pohon di Kendari
A A A
KENDARI - Melanjutkan dukungan terhadap program “Menabung 100 Juta Pohon”, Pertamina kembali melakukan kegiatan tanam pohon dalam rangka menghijaukan Bumi. Kali ini, perusahaan energi nasional ini menanam bibit pohon di Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) sebanyak 6500 pohon.

Jika ditotal dengan penanaman terakhir di Baubau tahun lalu, jumlah pohon yang telah “ditabung” Pertamina di provinsi Sultra mencapai 10.000 bibit pohon. Sementara untuk area Sulawesi keselurahan, Marketing Operation Region (MOR) VII telah menginvestasikan 41.000 pohon berkayu dan 40.000 mangrove yang dimulai sejak tahun 2011 silam.

General Manager Pertamina MOR VII, Budi Setio Hartono mengatakan, acara yang dihadiri oleh Gubernur, Walikota, Muspida, Jajaran SKPD dan masyarakat umum ini dilaksanakan guna memperingati Hari Bumi sekaligus rangkaian HUT Provinsi Sultra ke-51, Jumat, ( 24/4).

”Menabung 100 Juta Pohon menunjukkan komitmen tinggi perusahaan terhadap upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup sekaligus menumbuhkan peluang bernilai ekonomi bagi masyarakat di sekitar wilayah operasi Pertamina dan anak perusahaan melalui kegiatan tersebut,” urainya.

Budi menambahkan penanaman pohon di Kendari yang dipusatkan di kawasan Boulevard dikerjasamakan dengan LSM Lingkar Sultra dan BLHD Provinsi Sultra.
Adapun metode penanaman ditambahkan, menggunkan konsep penanaman, pemeliharaan dan penyulaman.

“Jenis bibit yang ditanam Mahoni, Trembesi dan Tanjung dengan jarak tanam 3x3 meter sesuai aturan dari Dinas Kehutanan. Apabila ada yang berkurang maka akan diganti dengan bibit yang baru sehingga jumlah pohon hidup tetap sama. Setelah masa pemeliharaan selesai, perawatan akan dilakukan oleh Pemkot Kendari,” jelasnya.

Operation Head (OH) Terminal BBM Kendari Setyo Rachmanto menjelaskan, penanam pohon melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) ini diharapkan dapat mengurangi polusi emisi gas karbon di Kendari, dan menumbuhkan ecopreneur lokal.

Dia menambahkan untuk pemeliharaan bibit yang ditanam akan menjadi perhatian buat seluruh warga Kendari.

“Diharapkan program ini mendukung Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) hijau bagi TBBM Kendari,” pungkasnya.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1388 seconds (0.1#10.140)