5 Perlengkapan untuk Merawat Kendaraan saat Musim Hujan, Apa Saja?

Kamis, 07 Desember 2023 - 20:02 WIB
Merawat kendaraan saat musim hujan membutuhkan sejumlah peralatan khusus. Foto/MNC Media
JAKARTA - Merawat kendaraan saat musim hujan membutuhkan sejumlah peralatan khusus. Alat perawatan kendaraan seperti kanebo dan lap fiber intensitas penggunaannya jadi semakin sering.

Air hujan dapat mempengaruhi performa dan fitur kendaraan, baik motor maupun mobil. Sebab, paparan terus-menerus elemen air pada kendaraan berpotensi menimbulkan korosi, jamur hingga terganggunya sistem kelistrikan. Perlengkapan tersebut antara lain:

Merawat Kendaraan saat Musim Hujan



1. Parfum

Khusus untuk pengendara motor, jangan lupa siap parfum penghilang bau pada helm . Alat ini diperlukan agar Anda tetap nyaman saat berkendara dan terhindar dari bakteri yang bisa merusak kulit kepala.

2. Poles Kilap

Cat bodi kendaraan, baik doff maupun glossy, yang terus-menerus terpapar air hujan bisa mengalami penurunan kecerahan alias kusam. Bersihkan dan poles dengan cairan pelindung cat agar bodi kendaraan tetap mengkilap. Poles khusus proteksi bodi doff dan glossy kini sudah tersedia di toko online maupun offline.

3. Sampo Cuci Kendaraan

Cuci mobil secara berkala untuk menghindari penumpukan kotoran dan zat korosif. Pembersihan dan perlindungan cat membantu mencegah karat dan menjaga tampilan estetis mobil. Peralatan yang diperlukan: sampo khusus cuci kendaraan , sikat lembut dan cairan wax.

4. Engine Degreaser

Engine degreaser adalah pembersih noda pada permukaan mesin, kaki-kaki dan velg. Tambahan kandungan dressing di dalamnya dapat membuat tampilan mesin tetap seperti baru. Selain itu, tidak membuat kusam seperti degreaser konvensional, sehingga aman dan bikin motor atau mobil tetap terjaga.

5. Swirl Remover

Swirl remover (Embed SKU 5) berfungsi menghilangkan baret pada permukaan cat, sehingga efek glossy pada motor maupun mobilmu seperti baru lagi.

6. Kanebo dan Lap Fiber

Jangan biarkan air mengering di bodi kendaraan. Air hujan yang dibiarkan mengering di bodi mobil dapat merusak lapisan cat dan akhirnya menyebabkan karat. Segera cuci mobil atau motor selepas terpapar air hujan dengan kanebo dan dilanjutkan dengan lap fiber.

7. Peralatan Darurat

Siapkan peralatan darurat seperti dongkrak, ban serep, dan segitiga pengaman. Peralatan darurat ini penting untuk menghadapi situasi darurat di jalan, terutama saat cuaca buruk. Peralatan yang diperlukan: Dongkrak, Ban serep dan kunci roda, Segitiga pengaman.

Itulah perlengkapan untuk merawat kendaraan saat musim hujan. Dapatkan produk perawatan kendaraan dari KILAP PREMIUM di AladinMall . Hemat hingga Rp100 ribuan + Gratis Ongkir (syarat dan ketentuan berlaku). Nikmati fasilitas dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store .
(wib)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More