Bahayakah Isi Bensin dalam Keadaan Mobil Menyala? Ini Jawabannya

Jum'at, 08 Desember 2023 - 15:45 WIB
Ada sejumlah bahaya yang akan timbul jika isi bensin dalam keadaan mobil menyala. Ini harus dihindari para pengendara. Foto/Freepik
JAKARTA - Peringatan bahaya isi bensin dalam keadaan mobil menyala kerap disampaikan oleh para petugas SPBU. Meski begitu, tidak semua pengendara patuh pada peringatan tersebut.

Seperti peringatan pada umumnya, mengisi bensin ketika mesin mobil menyala ternyata cukup berbahaya. Lantas, apa saja dampaknya bila mengisi BBM dalam kondisi mesin kendaraan menyala? Berikut ulasannya.

Bahaya Isi Bensin dalam Keadaan Mobil Menyala



1. Menimbulkan Percikan Api dari Knalpot



Isi bensin dalam keadaan mobil menyala bisa menyebabkan percikan api dari knalpot, kabel busi, atau komponen listrik lainnya yang bisa menyulut bensin yang tumpah atau bocor.





Hal ini bisa menimbulkan kebakaran atau ledakan yang bisa membahayakan pengendara, penjaga pompa, atau orang lain di sekitar. Sementara itu, jika terjadi kebakaran atau ledakan, mobil bisa rusak parah atau bahkan hancur.

2. Bisa Menghasilkan Gas Beracun Berbahaya



Isi bensin ketika mesin mobil menyala juga bisa menghasilkan gas beracun seperti karbon monoksida, hidrokarbon, atau nitrogen oksida. Ini bisa terhirup oleh pengendara, penjaga pompa, atau orang lain di sekitar.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More