Mengerikan! Ini Dampak Perubahan Iklim yang Ancam Hidup Manusia, Saatnya Anak Muda Lindungi Bumi

Rabu, 10 Januari 2024 - 10:52 WIB
Perubahan iklim yang berdampak pada kekeringan. (Foto: dok freepik/lachetas)
JAKARTA - Perubahan iklim kini tengah mengancam warga dunia. Bagaimana tidak? Belakangan ini seringkali masyarakat mengeluhkan perubahan suhu yang drastis, cuaca panas yang berlebihan, kemudian meningkatnya curah hujan, sehingga menimbulkan dampak bagi kesehatan dan lingkungan.

Menurut PBB, perubahan iklim menunjukkan perubahan jangka panjang dalam suhu dan pola cuaca. Penyebab dari fenomena ini pun beragam, mulai dari efek rumah kaca, pemanasan global, terciptanya energi Listrik dan yang dihasilkan dari bahan bakar fosil, penggunaan transportasi, kegiatan manufaktur, penggunaan elektronik, hingga penebangan hutan.

Tentu saja jika aktivitas-aktivitas tersebut tak lagi terkendali, maka perubahan iklim akan berdampak pada kehidupan, bahkan mengancam kelangsungan hidup manusia. Berikut dampak-dampak yang akan terjadi akibat perubahan iklim:

1. Kebakaran hutan

Suhu yang meningkat akan menghasilkan cuaca panas yang berlebihan, sehingga kondisi akan menyebabkan lahan kekeringan hingga kebakaran hutan lebih sering terjadi dan lebih cepat menyebar saat suhu lebih panas.



2. Meningkatnya wabah penyakit

Ancaman akibat terjadinya perubahan iklim, salah satunya adalah meningkatnya wabah penyakit. Bahaya penyakit mengintai melalui polusi udara, peristiwa cuaca ekstrem, kesehatan mental, hingga gizi buruk.

3. Spesies punah meningkat

Akibat perubahan iklim, kelangsungan hidup spesies di darat dan laut pun terancam punah. Dilansir dari situs PBB, suhu yang meningkat akan menyebabkan dunia kehilangan spesies 1.000 kali lebih cepat dibandingkan sebelumnya dalam sejarah manusia. Beberapa spesies akan bertahan dengan berpindah tempat, namun spesies lainnya tak mampu lagi untuk bertahan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More