Apa yang Terjadi Jika Motor Injeksi Sering Kehabisan Bensin? Simak Penjelasannya

Selasa, 06 Februari 2024 - 21:00 WIB
Ada beberapa hal yang perlu diketahui jika motor injeksi sering kehabisan bensin. Foto: Sindonews/Danang Arradian
JAKARTA - Apa yang terjadi jika motor injeksi sering kehabisan bensin? Pertanyaan semacam ini mungkin pernah terlintas di benak seseorang, terutama bagi mereka yang punya motor injeksi.

Seiring perkembangan zaman, sepeda motor dengan teknologi injeksi telah banyak muncul di pasaran. Salah satu kelebihan yang sering disebutkan dari jenis motor ini adalah penggunaan bahan bakar yang lebih efisien.

Kendati irit bahan bakar, bukan berarti pemilik motor injeksi bisa seenaknya membiarkan kendaraannya kehabisan bensin. Tak hanya harus mendorongnya menuju pom atau warung yang menjual bensin, ada beberapa dampak buruk yang nantinya bisa muncul.

Lantas, apa saja dampak yang bisa muncul ketika motor injeksi sering kehabisan bensin? Simak ulasannya berikut ini:

Apa yang terjadi jika motor injeksi sering kehabisan bensin?

Motor injeksi memasok bahan bakar dengan bantuan dari pemompaan dinamo. Demi menjaga fungsinya agar tetap optimal, komponen tersebut memerlukan pendingin yang berasal dari bahan bakar.



Nah, ketika tangki bahan bakar kosong atau habis, kondisi ini akan membuatnya tidak lagi memperoleh pendingin. Akibatnya, cara kerja komponen tadi menjadi seperti dipaksakan.

Apabila kejadian bensin habis terjadi secara berulang, potensi kerusakan bakal menjadi lebih besar. Misalnya, seperti harus ganti fuel pump yang baru.

Selain itu, kebiasaan kehabisan bensin pada motor injeksi juga dapat menyebabkan kerja pompa BBM menjadi cepat panas atau lebih berat. Bukannya membantu performa, malah bisa muncul jenis kerusakan lainnya.

Kemudian, pompa bahan bakar juga dapat menjadi mudah berkarat jika keseringan kehabisan bensin. Hal ini terjadi karena kotoran yang hinggap di tangki motor terhisap oleh pompa bahan bakar. Alhasil, motor bisa mengalami brebet ketika bensinnya hampir habis.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More