Wajib Tahu! 7 Tips Aman Berkendara Motor di Jalan Rusak Saat Mudik

Sabtu, 30 Maret 2024 - 20:07 WIB
Tips aman berkendara motor di jalanan rusak saat mudik Lebaran 2024 menarik untuk dipahami. Foto: Yamaha
JAKARTA - Sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan sepeda motor untuk mudik Lebaran 2024. Karena itu, butuh kemampuan dan konsentrasi tinggi saat melakukan perjalanan jarak jauh, terutama saat melewati jalan rusak serta kondisi hujan.

Kondisi jalan di setiap wilayah pastinya berbeda, dan tak jarang menemui jalan rusak atau berlubang yang dapat membahayakan keselamatan. Hal ini sangat berisiko untuk dilalui kendaraan roda dua yang dapat dengan mudah tergelincir.

Oleh sebab itu, para pengguna sepeda motor sangat direkomendasikan untuk mencari rute jalan yang kondisinya layak dilalui. Tetapi, jika terpaksa melewati jalan tersebut, maka pengendara perlu membekali diri dengan pengetahuan safety riding untuk melewati jalanan yang rusak.

Muhammad Arief, Instruktur Yamaha Riding Academy (YRA), PT Yamaha Indonesia Motor Mfg mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pengendara agar aman dalam melewati jalan rusak.

“Ada beberapa teknik berkendara yang perlu diperhatikan saat melewati jalanan yang rusak tersebut, baik dari segi manajemen kecepatan, postur tubuh, perilaku berkendara, hingga pemanfaatan fitur pada motor untuk meminimalisir terjadinya resiko-resiko yang tidak diinginkan,” kata Arief dalam keterangan resmi.



Berikut adalah tips berkendara dari Yamaha Riding Academy terkait hal-hal yang harus diperhatikan saat melewati jalanan yang rusak.

1. Kurangi Kecepatan

Saat hendak melewati jalanan yang rusak, hal pertama yang harus dilakukan oleh pengendara adalah mengurangi laju kecepatan motor (deselarasi). Dengan kecepatan yang rendah, traksi ban akan tetap terjaga dan terhindar dari selip saat melewati jalan rusak.

Selain itu, ketika ban motor menghantam lubang, guncangan yang dirasakan tidak akan sekuat saat kecepatan motor sedang tinggi. Alhasil, keseimbangan pun dapat lebih terjaga dan mencegah cedera yang serius akibat terjatuh dari motor.

2. Jangan Melakukan Rem Mendadak

Cara pengereman juga menjadi salah satu poin yang perlu diperhatikan ketika melewati jalanan rusak. Hindari pengereman secara mendadak di jalan yang rusak. Pasalnya, jalan rusak yang notabene berbatu, berpasir dan bergelombang akan membuat traksi ban kepermukaan jalan menjadi tidak optimal. Sehingga besar kemungkinan ban akan terkunci dan membuat motor sulit untuk dikontrol akibat tergelincir.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More