Dari Pontianak ke Sambas: Menaklukkan Tantangan Borneo dengan Yamaha Nmax Turbo

Rabu, 18 September 2024 - 16:25 WIB
Fitur turbo pada NMAX Turbo memberikan tenaga tambahan saat Anda membutuhkannya, misalnya saat menyalip kendaraan lain di tanjakan curam. Foto: Yamaha Indonesia
KALIMANTAN BARAT - Perjalanan jauh melintasi Kalimantan, dari Pontianak-Singkawang-Sambas-Singkawang-Pontianak sepanjang lebih dari 500 kilometer menjadi saksi bisu ketangguhan dan performa Yamaha Nmax Turbo baru.

SINDONews berkendara melalui medan yang cukup menantang, seperti tikungan tajam, jalan berbatu dan pasir, hingga tanjakan.

Sensasi "Turbo" Bukan Sekadar Gimmick



Bukan turbocharger seperti pada mobil, "Turbo" pada NMAX Turbo merujuk pada teknologi Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT).

Teknologi ini menggantikan peran roller konvensional pada CVT dengan modul motor listrik penggerak, memberikan akselerasi lebih cepat dan responsif.

Mulanya, SINDONews cukup skeptis dengan fitur “turbo” ini: hanya sebatas gimmick. Dan memang perlu menempuh perjalanan panjang ratusan kilometer sampai akhirnya SINDONews benar-benar yakin bahwa fitur YECVT bukan sekadar gimmick. Tapi, benar-benar berguna. Terutama, saat touring atau menempuh perjalanan jarak jauh.

Dari pengalaman SINDONews, ada beberapa keunggulan YECTV dibandingkan CVT konvensional:

1. Akselerasi Lebih Cepat: Modul motor listrik memungkinkan pengendara untuk "memaksa" putaran puli utama lebih cepat, menghasilkan akselerasi yang lebih responsif.

Ini terasa sekali dalam perjalanan Bengkayang menuju ke Singkawang, ketika jalanan relatif lenggang dan SINDONews memacu kecepatan 70-90 km/jam.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More