Mobil Bau Bensin? Jangan Panik, Ini Cara Mengatasinya!

Rabu, 09 Oktober 2024 - 10:00 WIB
Ada beberapa cara untuk menyiasati mobil bau bensin. Tentu harus terlebih dulu dicari penyebabnya. Foto: Sindonews/Danang Arradian
JAKARTA - Bau bensin di mobil tentu mengganggu dan bisa jadi tanda ada masalah pada kendaraan. Nah, bagaimana cara mengatasinya?

Jika mencium bau bensin yang kuat dan menyengat di dalam mobil, segera hentikan mobil di tempat yang aman dan cari bantuan profesional di bengkel terdekat. Bau bensin yang kuat dapat mengindikasikan kebocoran yang serius dan berpotensi menyebabkan kebakaran.

Penyebab mobil bau bensin ternyata bisa beragam. Karena itu, penting untuk diketahui pemilik kendaraan. Berikut beberapa diantaranya:



1. Tutup tangki bensin longgar/rusak: Uap bensin bisa keluar dari tangki jika tutupnya tidak tertutup rapat atau rusak.

2. Kebocoran pada tangki bensin: Tangki bensin yang bocor, baik karena karat, retak, atau kerusakan lainnya, akan menyebabkan bensin menetes dan menimbulkan bau.

3. Selang bensin bocor/rusak: Selang yang mengalirkan bensin dari tangki ke mesin bisa bocor karena getas, retak, atau terlepas.

4. Tutup oli bermasalah: Tutup oli yang rusak atau longgar bisa membuat uap bensin masuk ke ruang bakar dan tercium di kabin.

5. Karburator bermasalah: Pada mobil dengan karburator, settingan yang tidak tepat, kebocoran, atau kerusakan pada karburator bisa menyebabkan bensin menguap berlebihan.

6. Fuel pump bocor: Fuel pump yang bertugas memompa bensin dari tangki ke mesin bisa bocor dan menyebabkan bau bensin.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More