Mobil Sulit Distarter di Pagi Hari? Kenali 5 Penyebabnya

Sabtu, 27 November 2021 - 17:00 WIB
Masalah aki, busi, hingga pompa bahan bakar menjadi beberapa penyebab mobil sulit dinyalakan di pagi hari. Foto: Sindonews/Danang Arradian
JAKARTA - Tentu saja mobil yang susah di-starter pada pagi hari akan merepotkan. Apalagi, jika pengguna sedang buru-buru beraktivitas. Pasti akan menghambat pekerjaan dan membuang-buang waktu.



Nah, biasanya, sumber masalahnya ada pada aki. Namun, tidak semua mobil yang susah dinyalakan disebabkan komponen tersebut. Ini 5 penyebab mobil sulit di starter menurut Auto2000:

1. Aki Soak

Komponen kelistrikan ini jadi pemasok listrik utama ke seluruh bagian-bagian mobil. Apabila sumber tenaga atau tegangan aki mobil sudah soak, maka bagian starter dan lainnya pun bakal bermasalah. Biasanya hal tersebut dikarenakan aki hampir habis. Cara mengatasinya, cek kondisi aki menggunakan voltmeter atau multimeter. Kalau memang aki sudah hampir habis, maka bisa mengganti dengan yang baru.



2. Busi Kotor

Bagian busi yang menjadi penyebab starter mobil berat karena banyaknya endapan kotoran dan tingkat kerenggangan yang kurang pas. Ini terjadi karena Anda tidak memperhatikan perawatan busi. Makanya, pastikan selalu cek kondisi mobil secara menyeluruh mulai bagian luar hingga komponen busi di dalam.

3. Pompa Bahan Bakar

Pompa bahan bakar jadi bagian dari saluran mesin yang terhubung langsung dengan tangki mobil. Jika kondisi pompa tersebut melemah dan tidak dapat bekerja optimal, maka bisa berpengaruh ke suplai bahan bakar. Ujungnya, kendaraan sulit dinyalakan karena tidak mendapat suplai bensin cukup.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More