Kecelakaan Balikpapan, Begini Sikap Aman Saat Berhenti di Lampu Merah

Sabtu, 22 Januari 2022 - 19:05 WIB
Setiap pengendara harus lebih waspada ketika berada di persimpangan. Tampak kecelakaan mengenaskan di Balikpapan. Foto: tangkapan layar
JAKARTA - Insiden kecelakaan truk tronton rem blong yang terjadi di Balikpapan, Kalimantan Timur menyita perhatian publik.

Praktisi keselamatan berkendara Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, berkaca pada kejadian itu setiap pengendara harus lebih waspada ketika berada di persimpangan.

Ia menilai banyak pengendara tidak dalam posisi ”aman” ketika berada di lampu merah.

”Saat berhenti (di lampu merah) banyak pengemudi yang merasa aman, sehingga perilaku-perilaku yang dilakukan di dalam kabin tidak sesuai dengan kaidah keselamatan,” kata Sony dalam keterangannya melalui video.





Lebih lanjut, ia mencontohkan, misalnya saat berhenti di lampu merah banyak pengendara yang melakukan aktivitas seperti bermain ponsel, mengobrol, dan menggunakan make up.

Padahal hal tersebut dapat membuat mereka tidak waspada lagi terhadap lingkungan sekitar.

Perlu dicatat, meski sedang berhenti pengendara wajib tetap bersikap waspada dan memastikan kondisinya aman dengan memperhatikan area belakang melalui spion tengah dan samping.

”Jadi yang dilakukan adalah harusnya tetap melihat sekeliling kendaran, terutama (area) belakang karena mata kita arahnya ke depan sehingga ke belakang jarang dilihat,” tutur Sony.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More