Penyebab Ban Motor Benjol yang Harus Diwaspadai

Kamis, 02 Juni 2022 - 13:28 WIB
Penyebab ban motor benjo akibat beban beratl. FOTO/ IST
JAKARTA - Penyebab ban motor benjol biasanya dikarenakan putusnya benang ban sehingga tidak ada penahan pada sisi kiri dan kanan ban. Pada saat ban diisi oleh udara maka tekanan tersebut akan menekan karet samping, akhirnya muncul benjolan.

Jangan sepelekan masalah ban benjol ini, karena dapat mengganggu kenyamanan perjalanan. Simak apa saja penyebab sampai cara mencegah ban benjol yang tepat.



Seperti dilansir dari website resmi Suzuki, awal mula ban benjol adalah karena tekanan udara yang kurang atau berlebih kemudian ban menghantam benda keras. Bisa berupa trotoar atau batu sehingga menimbulkan lubang bekas hantaman.

Bagian tersebut membuat dinding ban tertekuk dan tergencet antara pelek serta permukaan jalan. Dampaknya adalah benang baja pada ban putus sehingga benjolan pun muncul.



Berikut penyebab ban motor benjol yang harus diwaspadai

1. Ban Sering Mengenai Benda Tajam

Benda keras dan tajam adalah dua jenis material yang perlu dihindari oleh ban mobil. Keduanya adalah penyebab ban mobil benjol yang biasanya dialami oleh motor di perkotaan.

Banyaknya benda tajam yang tersebar di aspal ini karena pembangunan jalan, pembongkaran bahkan truk pembawa material. Benda tajam seperti paku, sekrup, beling, batu dan sejenisnya harus selalu dihindari.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More