Jerman Batasi Kecepatan Motor, Tidak Boleh Lebih Cepat dari Mobil

Sabtu, 09 Juli 2022 - 06:59 WIB
Pengendara sepeda motor Jerman menghadapi situasi aneh di mana mereka dipaksa untuk mematuhi batas kecepatan yang berbeda dari pengemudi mobil. Foto/Visordown
BERLIN - Pengendara sepeda motor Jerman menghadapi situasi aneh di mana mereka dipaksa untuk mematuhi batas kecepatan yang berbeda dari pengemudi mobil. Di beberapa tempat yang sudah diterapkan peraturan tersebut, pengendara sepeda motor bisa dihukum karena berkendara dalam batas kecepatan yang salah.

Apa yang dimaksud dengan kecepatan yang salah? Dikutip SINDOnews dari laman Visordown, Sabtu (9/7/2022), ada beberapa jalan di Jerman sepeda motor memiliki batas kecepatan yang berbeda dengan mobil.

Misalnya, dilaporkan Motorcycles News, di jalan raya 3196 antara Steinau dan Marjo di wilayah Spessart memiliki batas kecepatan sekitar 100 km/jam untuk mobil. Berarti kecepatan sepeda motor dibatasi maksimal hingga 60 km/jam.



Sebagai contoh, pengendara sepeda motor melaju dengan kecepatan 120 km/jam di jalan itu, itu dinilai melanggar peraturan karena melaju dengan ecepatan dua kali lipat batas untuk sepeda motor. Padahal, secara nyata sepeda motor itu hanya lebih cepat 20 km/jam dari batas kecepatan mobil.



Peraturan pembatasan kecepatan untuk sepeda motor dilakukan untuk keselamatan para pengendara di jalan, selain untuk mengurangi kebisingan. Di Inggris, serta tempat lain, dilengkapi kamera untuk menguur kecepatan kendaraan, yang sedang diuji coba musim panas ini.

Otoritas di Jerman menuturkan berkendara dengan sepeda motor dalam kecepatan tinggi sangat berisiko bagi keselamatan pengendara. Apalagi sepeda motor memiliki bobot yang lebih ringan daripada mobil dan posisi pengendara lebih terbuka.

(wib)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More