Sejarah Mobil Ambulans dari Masa ke Masa

Rabu, 21 September 2022 - 08:45 WIB
Mobil Ambulans memiliki sejarah panjang di dunia . FOTO/ DOK SINDOnews
JAKARTA - Mobil ambulans kendaraan yang memiliki peran yang sangat penting dalam kesehatan dan bahkan mobil ini sangat menentukan nyawa dari seorang pasien.



Ambulans merupakan kata yang berasal dari Bahasa Latin yaitu ambulare yang memiliki arti berjalan atau bergerak.

Mobil ini memiliki konsep desain dengan ukurannya yang lumayan besar. Hal tersebut dikarenakan ambulans tidak hanya untuk digunakan mengangkut penumpang saja, melainkan di dalam mobil ini dapat mengangkut semua barang medis seperti ranjang pasien, tempat duduk perawat dan peralatan medis lainnya. Maka dari itu tidak semua mobil yang bisa menjadi ambulans.

Saat ini ambulans dirancang untuk menampung satu pasien, tetapi beberapa kendaraan ambulans berkapasitas banyak dapat mengangkut banyak pasien. Banyak ambulans modern dibuat khusus .



Fitur seperti tail lift kustom, landai, derek, lemari, pencahayaan, tempat duduk, teknologi komunikasi, dll semua dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan klien.

Kebanyakan orang mengasosiasikan ambulans dengan kendaraan yang mengangkut pasien ke rumah sakit . Layanan rumah sakit ambulans pertama yang diketahui dimulai di Cincinnati, Ohio pada tahun 1865 .

Salah satu layanan ambulans awal yang paling menonjol adalah di Rumah Sakit Bellevue di New York. Ketika layanan dimulai pada 1869-70, kota itu menerima sekitar 1.400 panggilan darurat. Pada tahun 1890, kendaraan ambulans New York menanggapi hampir 4.400 panggilan per tahun.

Tidak seperti gerbong ambulans masa perang yang terlihat di atas, ambulans yang mengantarkan pasien ke rumah sakit biasanya lebih nyaman dan fokus pada kecepatan. Penyedia layanan ambulans New York siap siaga dan biasanya dapat merespons dalam waktu 30 detik setelah dipanggil. Semakin cepat layanan, semakin baik hasilnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More