Perbedaan 8 Jenis BBM Pertamina, Mulai Pertalite, Dexlite, hingga Pertamax Racing

Senin, 03 Oktober 2022 - 09:36 WIB
Masyarakat bisa memilih BBM yang tepat sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan karena ini menentukan proses pembakaran dalam mesin. Foto: dok Pertamina
JAKARTA - Perbedaan jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) milik PT Pertamina (Persero) penting diketahui. Bahkan, mungkin banyak yang tidak menyadari bahwa Pertamina memiliki 8 jenis BBM.

Dilansir dari laman Pertamina , ada delapan jenis BBM yang dipasarkan di Indonesia. Meski, beberapa di antaranya sudah dihapuskan dan tidak dapat ditemukan di setiap Stasiun Pengisian BBM untuk Umum (SPBU) lagi.

Masyarakat bisa memilih BBM yang tepat sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan karena ini menentukan proses pembakaran dalam mesin.

Untuk itu, kenali jenis-jenis serta kelebihan dan kekurangan BBM di SPBU Pertamina ini:

1. Pertamax Racing



Jenis bahan bakar ini merupakan varian BBM tertinggi yang diolah oleh Pertamina , dan biasanya digunakan pada mobil balap atau mesin dengan kompresi 13:1. Pasalnya, Pertamax Racing memiliki kadar oktan atau Research Octane Number (RON) sebesar 100.

Kelebihan Pertamax Racing adalah menjadikan mesin lebih responsif, lebih stabil, dan memiliki daya tahan tinggi, serta ramah lingkungan. Tapi, Pertamax Racing harus digunakan pada mesin dengan performa tinggi.

Kekurangan Pertamax Racing adalah jika digunakan pada mesin yang tidak tepat, maka akan menghasilkan panas berlebih karena pembakaran yang tinggi. BBM jenis ini juga sangat sulit ditemui dan memiliki harga yang sangat tinggi.

2. Pertamax Turbo
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More