Begini Urutan Mencuci Mobil, Bikin Makin Kinclong dan Bodi Tetap Mulus

Rabu, 22 Februari 2023 - 08:12 WIB
loading...
Begini Urutan Mencuci Mobil, Bikin Makin Kinclong dan Bodi Tetap Mulus
Mencuci mobil ternyata tidak bisa dilakukan sembarang dan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar semakin kinclong dan bodi makin mulus. Foto/Suzuki/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mencuci mobil ternyata tidak bisa dilakukan sembarang dan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar semakin kinclong dan bodi makin mulus. Kesalahan dalam mencuci mobil tak jarang menyebabkan goresan halus pada bodi mobil.

“Mencuci mobil sendiri di rumah memiliki manfaat. Selain itu, peralatan dan perlengkapan yang digunakan juga harus tepat dan berkualitas baik,” kata Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS dari laman Suzuki Indonesia dikutip SINDOnews, Rabu (22/2/2023).

Tentu beberapa tips mencuci mobil agar semakin bersih dan bodi tetap mulus tidak susah dan dapat dilakukan di rumah dengan peralatan sederhana. Berikut urutan mencuci mobil yang dibagikan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) agar hasilnya tetap memuaskan.



1. Cuci Ban dan Velg atau Bagian Terkotor Lebih Dahulu
Area bawah mobil yang berjarak terdekat dari lintasan seperti ban dan velg biasanya menjadi bagian terkotor. Pemilik mobil dapat menggunakan cairan khusus untuk membersihkan ban dan velg.

Untuk memudahkan dan memastikan kotoran dapat terangkat, pemilik mobil dapat menggunakan sikat khusus. Apabila pemilik mobil menggunakan shampoo (sampo) mobil, pastikan air dan busa yang telah dipakai untuk ban dan velg sebaiknya diganti, tidak dipakai kembali untuk membersihkan kaca dan bodi mobil.

2. Gunakan Air Mengalir untuk Membasahi Seluruh Bodi Mobil
Setelah ban dan velg bersih, selanjutnya menyemprot air bersih ke bodi mobil untuk menghilangkan kotoran-kotoran terlebih dahulu sebelum diberi shampoo. Semprotkan air dengan posisi menyamping.

Hindari semprotan langsung ke area yang memiliki lubang terbuka seperti grill atau lubang di bumper, terutama bagi pemilik kendaraan yang menggunakan air bertekanan tinggi. Teknik ini bertujuan agar proses mencuci lebih aman untuk permukaan bodi atau komponen di balik lubang mobil tersebut.

3. Bersihkan Atap Mobil
Setelah itu, mulailah membersihkan bagian mobil yang paling atas atau yang paling bersih. Ketika mencuci, pastikan menggunakan air, shampoo, dan spons atau kain microfiber yang berbeda dengan yang digunakan untuk mencuci ban dan velg.

Pastikan mencuci mobil dengan melakukan gerakan dari atas ke bawah, bukan dengan gerakan memutar. Pencucian dari atap mobil ini akan membuat air sabun turun ke bagian bawah yaitu kaca mobil depan, samping, dan belakang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7604 seconds (0.1#10.140)