CFMoto Kembangkan Motor Bermesin 3 Silinder 675 cc

Kamis, 09 Maret 2023 - 10:54 WIB
loading...
CFMoto Kembangkan Motor Bermesin 3 Silinder 675 cc
Motor mesin 3 silinder CFMoto/ FOTO/RA
A A A
JAKARTA - Sambil menunggu motor bermesinmesin 4 silinder 1.000cc selesai, CFMoto juga dikabarkan tengah mengembangkan mesin tiga silinder 675cc.



Hal tersebut dikonfirmasi melalui paten terbaru yang diajukan di China.

Ada beberapa alasan mengapa perkembangan terbaru ini menarik perhatian. Pertama, meski CFMoto memiliki kerja sama yang erat dengan KTM, mereka tetap bertekad untuk mengembangkan platformnya sendiri.

Paten terbaru ini mengungkapkan mesin tiga silinder yang dikembangkan dengan cetakan yang sama dengan mesin paralel-kembar 449cc yang digunakan pada 450SR.

Di saat yang sama, pengembangan platform multi kapasitas membuktikan bahwa CFMoto masih yakin mesin pembakaran dalam masih banyak diminati.

Melihat paten terbaru, jelas bahwa beberapa aspek mirip dengan mesin 449cc paralel-kembar yang menggerakkan CFMoto 450SR, termasuk desain 'kepala silinder' dan 'penutup cam', tetapi telah diperbesar untuk mengakomodasi silinder ketiga. .

Untuk itu, dengan penambahan silinder ketiga pada bore and stroke sebesar 72 x 55.1mm, kapasitas mesin yang dihasilkan menjadi 673cc.

Sketsa paten mengungkapkan bahwa ada 4-katup untuk setiap silinder pada saat yang sama sehingga total 12-katup.

Jika dibandingkan dengan mesin tiga silinder 675cc yang terdapat pada Triumph Daytona 675, ternyata platform CFMoto terbaru ini hadir dengan langkah yang lebih panjang.

Seperti yang diharapkan, mesin tersebut juga dipasangkan dengan transmisi manual 6-percepatan.

Sebagai catatan, selain CFMoto beberapa pabrikan China lainnya juga sibuk mengembangkan beberapa mesin baru antara lain QJ Motor, Benda, Loncin dan Zontes.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3866 seconds (0.1#10.140)