Deretan Komunitas Otomotif yang Disegani Dunia

Selasa, 14 Maret 2023 - 15:51 WIB
loading...
Deretan Komunitas Otomotif yang Disegani Dunia
Deretan Komunitas Otomotif yang Disegani Dunia. FOTO/ RA
A A A
JAKARTA - Deretan komunitas otomotif yang disegani dunia sudah banyak tersebar di berbagai negara. Meskipun disegani karena terkesan gahar tapi stigma itu tak semuanya rata.



Pasalnya komunitas besar tersebut sering menyelenggarakan acara amal guna membantu anak-anak dan masyarakat lain. Berikut adalah 5 komunitas otomotif yang disegani dunia.

1. The Hells Angels

Profil komunitas otomotif Hells Angelstelah dikenal banyak orang. Jika bicara mengenai daftar komunitas otomotif yang paling disegani di dunia, nama The Hells Angels pasti menduduki peringkat pertama.

Komunitas moge (motor gede) ini didirikan pada tahun 1948 di California, Amerika Serikat (AS). Nama lengkap komunitas ini adalah Hells Angels Motorcycle Club).

Anggotanya tidak hanya berasal dari AS, melainkan dari negara lain di seluruh dunia. The Hells Angels lebih dikenal sebagai klub motor internasional.

Melansir data yang ada di laman Britannica, awalnya klub motor ini dilarang karena dituduh terlibat dalam berbagai tindak kejahatan.

Di masa lampau, anggotanya turut melakukan tindak kriminal berupa pemerasan, penyerangan, pembunuhan, pencurian motor, hingga pencucian uang. Dengan anggotanya yang mencapai 4 ribu orang, The Hells Angels memiliki kekuatan yang cukup besar dan disegani banyak pihak di dunia.

Popularitas Hells Angels terus meningkat usai diberi kepercayaan untuk menjaga keamanan di festival Altamont yang menghadirkan grup musik legendaris Rolling Stones, pada 1969.

Meskipun dahulu dicap sebagai komunitas moge Harley-Davidson yang sangat menyeramkan dan cenderung kejam, kini Hells Angels memiliki reputasi yang lebih baik. Para anggotanya kerap melakukan acara amal untuk veteran dan anak-anak.

2. Outlaw

Selain Hells Angels, klub motor lain yang juga disegani di dunia adalah Outlaw. Komunitas ini dibentuk oleh para veteran yang baru kembali ke AS pada tahun 1940-an, usai Perang Dunia II.

Outlaw didirikan dengan alasan mempererat tali persaudaraan veteran di Negeri Paman Sam itu. Klub motor Outlaw terus berkembang dan membuka cabang di negara lain, seperti Kanada. Pada tahun 1950-an, Outlaw Kanada berdiri di Kota Quebec dan mampu menjaring banyak anggota.

Sama seperti Hells Angels, Outlaw sering menyelenggarakan acara amal. Meskipun demikian, hingga saat ini masih banyak pihak yang berpikiran negatif mengenai acara amal tersebut. Klub motor besar seperti Outlaw dianggap hanya melakukan acara amal demi menutupi tindak kriminal yang mereka lakukan.

3. The Black Piston

Selanjutnya, ada The Black Piston yang juga menjadi komunitas otomotif (motor) disegani di dunia. Berdiri pada tahun 2002 dengan dukungan Outlaw, Black Piston mengalami pertumbuhan sangat pesat di AS, Kanada, hingga mencapai Eropa (Jerman, Inggris Raya, Polandia, dan Norwegia).

Sayangnya, jumlah pasti anggota Black Piston tidak dapat diketahui secara pasti, namun diperkirakan anggotanya mencapai 200 orang, khusus di AS.

Meskipun disegani, namun anggotanya disebut banyak yang terlibat dalam kegiatan pengangkutan obat-obatan terlarang. Selain itu, Outlaw juga memanfaatkan Black Piston sebagai wadah perekrutan anggota barunya.

4. Classic Car Club

Classic Car Club merupakan sebuah klub mobil paling bergengsi dan disegani dunia. Komunitas ini memiliki ruang khusus untuk memarkirkan mobil para anggotanya. Salah satu keistimewaan menjadi anggota klub ini adalah memiliki kesempatan berkendara di galeri dengan luas 8 ribu kaki persegi.

Awalnya, klub tersebut berdiri pada tahun 1995 di London. Selang 10 tahun kemudian, Classic Car Club Manhattan juga didirikan di New York, AS.

Bukan sekadar komunitas pecinta mobil, CCC juga menjadi pusat serba-serbi mobil yang selalu ramai dikunjungi di New York. Ribuan pecinta mobil dari seluruh dunia bertandang ke galeri CCC untuk melihat beragam jenis mobil beserta pernak-perniknya.

5. The Thermal Club

The Thermal Club menjadi komunitas pecinta mobil yang anggotanya tersebar di seluruh dunia. Komunitas ini didirikan oleh Tim Rogers dan istrinya, Twanna, pada tahun 2012 di wilayah Coachella Valley Riverside County, Thermal, California. Menghabiskan dana USD90 juta, keberadaan komunitas itu kian diakui dan mampu menjaring keuntungan hingga USD150 juta pada tahun 2018.

Di wilayah ini, Tim juga mendirikan sirkuit balap dan fasilitas lainnya yang aman dan nyaman. Satu hal yang unik dari sirkuit balap The Thermal Club adalah keberadaan sebuah hunian mewah di arena lintasan balap.

Itulah sebabnya mengapa banyak pihak yang ingin bergabung dengan komunitas balap tersebut dan mencicipi sensasi sirkuit balap The Thermal Club.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2063 seconds (0.1#10.140)