Nyaman Mudik Pakai Mobil, Kenali Penyebab Mabuk Perjalanan

Sabtu, 18 Maret 2023 - 09:03 WIB
loading...
Nyaman Mudik Pakai Mobil, Kenali Penyebab Mabuk Perjalanan
Agar mudik tetap nyaman, ada baiknya mengenali tanda penyebab mabuk perjalanan selama berkendara. Foto/NewsLLu
A A A
JAKARTA - Pemudik yang menggunakan mobil pribadi pada Lebaran Idul Fitri 1444 H diprediksi mengalami peningkatan. Agar mudik tetap nyaman, ada baiknya mengenali tanda penyebab mabuk perjalanan selama berkendara.

Mabuk perjalanan bisa dialami banyak orang dengan tanda-tanda seperti mual, pusing, dan keringat dingin. Kondisi ini tidak berbahaya, tapi akan membuat seseorang merasa tidak nyaman selama perjalanan.

Kendati begitu, ada cara mudah untuk menghindari mabuk perjalanan saat menggunakan mobil ketika melakukan mudik dirangkum dari laman Auto2000.


1. Kendaraan Terlalu Cepat

Mobil yang melakukan gerakan atau manuver terlalu cepat dapat menyebabkan gangguan pada indera keseimbangan. Kondisi ini dapat dengan mudah menyebabkan mabuk perjalanan karena gerakan yang tiba-tiba dalam kecepatan tinggi.

2. Konsumsi Makanan dan Minuman Tidak Sehat

Ketika mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat sebelum atau selama perjalanan dapat memicu mabuk perjalanan. Makanan yang terlalu berlemak, pedas, atau asam dapat memicu mual. Usahakan makanan dan minuman minimal dua jam sebelum perjalanan.

3. Kelelahan Fisik

Kondisi fisik yang lelah dapat meningkatkan risiko mabuk perjalanan karena merasa cemas. Untuk itu, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan bugar sebelum melakukan perjalanan panjang.


4. Kelembapan dan Temperatur Ekstrem

Suhu udara estrem dapat membuat tubuh tidak nyaman dan menyebabkan gejala mabuk perjalanan. Suhu udara yang terlalu panas dapat membuat tubuh menjadi lelah dan dehidrasi. Begitu juga suhu udara yang terlalu dingin dapat membuat tubuh kaku dan menyebabkan ketegangan otot.

5. Kebisingan dan Pencahayaan Buruk

Mabuk perjalanan dapat terjadi jika kondisi di dalam mobil terlalu bising, gelap, atau terang. Kebisingan dapat membuat tubuh merasa tak nyaman sehingga menjadi stres dan cemas yang menyebabkan pusing.

Pencahayaan yang tidak cukup atau terlalu terang juga dapat memicu mabuk perjalanan. Pencahayaan yang terlalu terang dapat memicu sakit kepala dan meningkatkan risiko mual.

6. Efek Samping Obat-obatan

Beberapa obat-obatan tertentu dapat menyebabkan mabuk perjalanan. Sebaiknya, tidak mengonsumsi obat-obatan tersebut saat hendak melakukan perjalanan jarak jauh.

7. Sirkulasi Udara Tak Cukup

Ventilasi yang kurang memadai dapat membuat kondisi udara di dalam mobil menjadi tidak seimbang. Hal ini dapat memicu mabuk perjalanan bagi beberapa orang, terlebih kondisi terlalu sempit.

8. Gangguan Indra Keseimbangan

Indra keseimbangan merupakan sistem yang kompleks di dalam tubuh manusia yang mengatur sistem tubuh. Gangguan pada sistem ini dapat terjadi karena penyakit tertentu seperti vertigo atau ketidakseimbangan pada telinga dalam.

Kondisi ini dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk mengontrol tubuh saat berada di dalam kendaraan. Apabila mengalami gangguan pada indera keseimbangan, perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan perjalanan jauh.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)