Bisa Jalan Sendiri, Yamaha Buat Motor Sport yang Tidak Bisa Jatuh

Selasa, 28 Maret 2023 - 11:36 WIB
loading...
Bisa Jalan Sendiri, Yamaha Buat Motor Sport yang Tidak Bisa Jatuh
Teknologi AMSAS bisa membuat Yamaha YZF-R25 tidak bisa jatuh, menyeimbangkan diri, dan berjalan sendiri secara otonom. Foto-foto/Paultan.
A A A
JAKARTA - Yamaha baru-baru ini bikin kejutan dengan membuat motor sport Yamaha YZF-R25 yang tidak bisa jatuh alias mampu menyeimbangkan secara otonom. Motor yang dinamakan Advanced Motorcycle Stabilisation Assist System (AMSAS) itu merupakan salah satu upaya Yamaha dalam mewujudkan upaya menekan tingkat kecelakaan yang melibatkan sepeda motor.

Teknologi AMSAS diyakini akan mencegah kasualitas kecelakaan motor yang disebabkan oleh pengendalian sepeda motor yang kurang baik. Yamaha berharap dengan teknologi itu kecelakaan sepeda motor pada 2050 sama sekali tidak terjadi lagi atau zero fatality.

Disebutkan Paultan, Yamaha R25 AMSAS bisa menyeimbangkan secara otonom berkat adanya aktuator motor yang terpasang pada roda depan dan setang. Aktuator itu bekerja dengan memindai kondisi jalan yagn dilalui serta kecepatan dan gaya mengemudikan motor.



Bisa Jalan Sendiri, Yamaha Buat Motor Sport yang Tidak Bisa Jatuh


Jika terjadi adanya potensi jatuh maka aktuator akan berupaya menyeimbangkan motor. Hal itu terjadi karena aktuator mengadopsi teknologi Inertial Measurement Unit (IMU) 6-sumbu. Teknologi itu akan selalui meningkatkan stabilitas sepeda motor saat start atau pada kecepatan rendah.

“Saat start atau stop, aktuator penggerak yang dipasang di roda depan membantu stabilitas, dan dari sana hingga sekitar 5 km/jam, aktuator kemudi yang terpasang di setang mengambil alih,” kata Project Leader AMSAS Akitoshi Suzuki.



Bisa Jalan Sendiri, Yamaha Buat Motor Sport yang Tidak Bisa Jatuh


Dia mengatakan saat ini Yamaha R25 AMSAS masih dalam tahap pengambangan. Yang pasti motor konsep tersebut sudah berhasil membuktikan diri tidak jatuh saat tidak dikendarai oleh siapa pun alias jalan sendiri.

“Mulai sekarang, kami akan bekerja untuk memperkecil ukuran berbagai komponen dan sebagainya, karena kami ingin mengembangkannya menjadi platform tidak hanya untuk sepeda motor, tetapi juga dapat disesuaikan dengan berbagai aplikasi mobilitas pribadi lainnya, seperti sepeda,” kata Akitoshi Suzuki.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2668 seconds (0.1#10.140)