Ini Tips Rawat Cat Mobil Tetap Kinclong, Mudik Pun Tetap Keren

Rabu, 29 Maret 2023 - 06:38 WIB
loading...
Ini Tips Rawat Cat Mobil Tetap Kinclong, Mudik Pun Tetap Keren
Merawat cat mobil sangat penting untuk membuatnya tetap terlihat kinclong seperti baru. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kondisi cat mobil yang tak maksimal akan sangat mengganggu karena membuat penampilan jadi tak sedap dipandang. Untuk itu, merawat cat mobil sangat penting untuk membuatnya tetap terlihat kinclong seperti kendaraan baru.

Sebenarnya, perawatannya tidak terlalu sulit, hanya saja jika tidak dilakukan secara rutin maka cat mobil bisa kusam, bahkan memudar. Untuk itu, simak tips perawatan cat mobil seperti yang dibagikan oleh Suzuki Indonesia.

1. Mencuci Mobil Secara Teratur

Ini Tips Rawat Cat Mobil Tetap Kinclong, Mudik Pun Tetap Keren


Mencuci mobil secara teratur sangat penting untuk merawat cat dan mencegah warna menjadi kusam. Sebab, ketika mobil digunakan, debu, kotoran, dan noda lainnya menempel pada cat mobil.



Kondisi ini jika tidak dibersihkan secara teratur dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan cat. Oleh karena itu, mencuci mobil secara teratur menggunakan sabun yang aman adalah cara yang efektif untuk menghilangkan kotoran dan menjaga cat mobil tetap bersih dan berkilau.

Saat mencuci mobil, pastikan untuk menggunakan spons atau kain microfiber yang lembut agar tidak merusak cat mobil. Hindari menggunakan sikat kasar atau sabun yang mengandung bahan kimia keras yang dapat merusak cat mobil.

2. Gunakan Wax Mobil

Menggunakan wax membantu melindungi cat mobil dari kerusakan akibat sinar matahari, noda air hujan, dan kotoran lainnya. Ketika wax mobil dioleskan pada permukaan cat, itu akan membentuk lapisan pelindung yang membuat cat mobil terlihat lebih mengkilap dan terlindungi.



Selain itu, wax mobil juga dapat membantu memperlambat proses korosi pada bagian metal mobil. Pastikan untuk menggunakan wax mobil yang berkualitas dan sesuai dengan jenis cat mobil yang digunakan.

3. Bersihkan Kotoran

Ini Tips Rawat Cat Mobil Tetap Kinclong, Mudik Pun Tetap Keren


Jangan biarkan kotoran menempel terlalu lama di atas mobil, karena dapat merusak lapisan cat dan menyebabkan kusam. Kotoran seperti kotoran burung atau serangga dapat sangat merusak cat mobil jika tidak segera dibersihkan.

Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan noda tersebut secepat mungkin dan jangan biarkan kotoran menempel terlalu lama pada cat mobil. Hal itu membuat warna cat mobil rusak dan menjadi kusam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5762 seconds (0.1#10.140)