Senggol Rolls-Royce Cullinan, Toyota Siap Hadirkan SUV Century Tahun Ini

Kamis, 30 Maret 2023 - 09:47 WIB
loading...
Senggol Rolls-Royce Cullinan, Toyota Siap Hadirkan SUV Century Tahun Ini
Toyota Century SUV. FOTO/ DOK CARSCOOPS
A A A
TOKYO - Berencana ganggu pasar Rolls-Royce Cullinan , Toyota berencana merilis SUV ultra-mewah untuk melengkapi penawaran sedan Century yang sudah ada tahun ini.

Hal ini disebabkan meningkatnya tren kepemilikan SUV di seluruh dunia menggantikan peran sedan yang menyusut.

Bahkan, ada pabrikan yang sebelumnya populer dengan lini supercar juga mulai menawarkan produk SUV, dan ternyata langkah tersebut sukses untuk mereka, seperti Lamborghini.



Menurut laporan terbaru dari Best Car Web, SUV all-new Toyota Century akan muncul pada musim gugur 2023 (mulai September).

Tidak menggunakan platform Century yang ada, Toyota mengadopsi platform SUV Highlander sebagai basis sebelum menambah dimensi dan mengubah konfigurasi semula dari tiga baris kursi menjadi hanya dua baris.

Seperti dilansir dari The Best Car Web memperkirakan SUV Century yang akan menjadi pesaing terdekat Rolls-Royce Cullinan ini memiliki panjang 5.200 mm, lebar 1.950 mm, tinggi 1.750 mm dengan jarak antar roda tiga. meter.


Sebagai perbandingan, SUV Century sedikit lebih kecil dari Rolls-Royce Cullinan dengan dimensi 5.340 mm x 2.000 mm x 1.835 mm (jarak sumbu roda 3.295 mm).

Tidaklah berlebihan bagi kami untuk membandingkan kedua model tersebut, mengingat sedan Century sendiri digambarkan sebagai 'Rolls-Royce' Jepang.

Mirip dengan tujuan awal sedan Century, SUV Century juga dirancang untuk pemilik yang tidak suka memegang setir, melainkan lebih memilih untuk duduk di kursi belakang dan menyerahkan tugas itu kepada pengemudi pribadi.

Di antara fitur-fitur yang akan dihadirkan pada SUV Century ini antara lain lambang burung phoenix, finishing warna eksterior yang mencerminkan budaya dan keahlian Jepang, serta elemen desain eksterior yang selaras dengan sedan Century.

SUV ultra mewah ini akan dibekali dengan powertrain hybrid yang terdiri dari V6 3,5 liter dengan tenaga 300 PS dan 356 Nm, dipasangkan dengan dua motor listrik - satu untuk setiap gardan - masing-masing bertenaga 80 PS.

Pulsa V12 sudah tidak ada lagi karena Toyota terakhir kali menggunakan mesin itu pada sedan Century generasi kedua sebelum beralih ke mesin hybrid V8 seperti yang digunakan pada sedan Century generasi ketiga.

SUV Toyota Century ini dilaporkan muncul musim gugur ini dengan banderol harga sekitar 15.000.000 yen.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1518 seconds (0.1#10.140)