Dua Fitur Ini Cegah Sopir Mobil Kelabakan di Tol Trans Jawa saat Mudik

Kamis, 20 April 2023 - 12:52 WIB
loading...
Dua Fitur Ini Cegah Sopir Mobil Kelabakan di Tol Trans Jawa saat Mudik
Kemacetan yang terjadi di ruas jalan Tol Semarang ke Solo, Jawa Tengah selalu menguras tenaga karena konturnya yang menantang,. Foto/SINDONEWScom-Wahyu Sibarani.
A A A
JAKARTA - Dua fitur yang ada di mobil ini akan sangat membantu sopir tidak kelelahan saat melewati tol Trans Jawa ketika mudik Lebaran tahun ini. Kedua fitur itu akan bekerja dengan otomatis dan membantu pengemudi mengurangi rasa lelah saat menyetir mobil dalam jarak yang sangat jauh.

Diketahui tol Trans Jawa membentang dari wilayah barat pulau Jawa ke area timur pulau Jawa. Jaraknya mencapai 1.056 kilometer.

Kondisi itu tentu bukan hal yang mudah buat para sopir mobil saat melakukan perjalanan mudik . Belum lagi jika kondisi jalan tol yang dilewati juga membutuhkan kemampuan mengemudi yang cukup baik. Contohnya kondisi jalan tol Semarang menuju Solo, Jawa Tengah yang didominasi oleh jalan menanjak yang curam.

Tantangan semakin tinggi saat perjalanan mudik dilakukan. Volume kendaraan yang jauh lebih besar dari normal menghadirkan kemacetan di beberapa titik. Jadi bayangkan jika sopir mobil harus melakukan pengereman berkali-kali di wilayah tol Semarang menuju Solo.

Sudah jalannya menanjak, mereka harus memastikan tidak mundur karena tidak melakukan pengereman dengan baik. Tentu akan sangat menyenangkan jika ada teknologi atau fitur di mobil yang bisa membantu sopir agar tidak kelelahan.



Untungnya, saat ini beberapa mobil baru justru sudah dilengkapi dengan dua fitur yang bisa membantu. Sayangnya masih banyak yang tidak memanfaatkan dua fitur itu dengan baik.

Apa saja sih kedua fitur tersebut?

1. Brake Auto Hold

Dua Fitur Ini Cegah Sopir Mobil Kelabakan di Tol Trans Jawa saat Mudik


Bayangkan jika Anda terjebak di kemacetan yang sangat panjang di wilayah tol Semarang menuju Solo, Jawa Tengah. Kontur jalan yang menanjak curam membuat Anda harus menekan pedal rem atau menarik tuas rem tangan berkali-kali.

Hal itu tentu sangat melelahkan. Namun sebenarnya hal itu bisa diminimalkan dengan mengaktifkan fitur Brake Auto Hold.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)