Jangan Jadi Korban, Ini Cara Cek Potensi Rem Blong pada Bus

Jum'at, 28 April 2023 - 11:33 WIB
loading...
Jangan Jadi Korban, Ini Cara Cek Potensi Rem Blong pada Bus
Penyebab kecelakaan bus paling banyak terjadi karena rem blong. Foto/DOK. SINDONEWScom.
A A A
JAKARTA - Kecelakaan bus kerap terjadi karena kondisi rem blong. Untuk itu sopir bus perlu waspada dengan melakukan pengecekan potensi rem blong pada bus.

Berdasarkan data dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sebanyak 90 persen kasus kecelakaan dengan bus dan truk terjadi karena masalah di sistem rem. Hal itu sejatinya juga bisa diantisipasi sejak dengan melakukan perawatan rutin, seperti pengecekan rem yang merupakan aspek penting yang harus berfungsi dalam berkendara.

Tanpa adanya rem dalam kondisi prima, kendaraan akan kesulitan untuk menghentikan lajunya. Saat pengendara menginjak pedal rem dan laju kendaraan tidak berhenti, maka rem dapat dikatakan mengalami rem blong dan dapat menyebabkan kecelakaan di jalan.

Hal itu diamini oleh Investigator Senior KNKT Ahmad Wildan. Menurutnya kebanyakan kasus rem blong pada bus dan truk justru terjadi karena human error.

"Kasus rem blong paling banyak disebabkan oleh faktor manusia begitu juga kasus rem blong di bus dan truk terjadi karena faktor human error. Safety culture atau budaya keselamatan rendah," ujar Ahmad Wildan.



Dia mengatakan, dalam banyak kasus kecelakaan rem blong, berdasar hasil investigasi KNKT, banyak pengemudi tidak terampil dalam membawa kendaraannya.

Selain itu, juga ditemukan pengemudi yang tidak memahami karakter dan teknologi di kendaraannya, misalnya cara menggunakan teknologi pengereman pada injury.

"Sopir salah mengemudikan kendaraan, salah mengenali medan, ada juga yang salah mengikat muatan," terang Ahmad Wildan.

Nah untuk mewaspadainya, sopir bus harus mengerti tanda-tanda adanya potensi rem blong. Yuk cermati di bawah ini:

1. Pedal rem terasa enteng atau los saat diinjak

Sebelum berkendara, pastikan selalu mengecek semua fungsi pedal kendali termasuk pedal rem. Jika saat diinjak terasa ringan, maka kamu patut curiga terjadi disfungsi pedal rem.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1908 seconds (0.1#10.140)