MABI Pamer Pikap Listrik di PEVS 2023, Bisa Saingi Hilux dan Triton?

Rabu, 17 Mei 2023 - 19:06 WIB
loading...
MABI Pamer Pikap Listrik di PEVS 2023, Bisa Saingi Hilux dan Triton?
Pikap listrik double cabin PSOE e-Double Cabin menjadi model yang menarik perhatian di PEVS 2023. Foto: Sindonews/Muhamad Fadli Ramadan
A A A
JAKARTA - Pikap listrik sangat populer di Amerika, tapi tidak di Indonesia. Karena itu, menjadi unik ketika PT Mobil Anak Bangsa Indonesia (MABI) memperkenalkan pikap listrik double cabin PSOE e-Double Cabin, di pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (17/5).

MABI sendiri merupakan produsen kendaraan listrik dalam negeri yang sebelumnya memproduksi bus listrik untuk kebutuhan angkutan perkotaan. Saat ini, mereka melebarkan sayapnya dengan memproduksi kendaraan komersial lebih kecil untuk menjangkau pasar lebih luas.

Tapi, bagaimana MABI bisa membuat pikap listrik? Direktur Utama PT MABI Kelik Irwantono mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan JIN CHI di China. ”Mereka sebagai rumah desain. Termasuk part-part kita produksi OEM disana,” beber Kelik.

Namun, kedepannya MABI akan merakit e-Double Cabin secara lokal untuk menekan harga jual. “Saya juga akan bicara dengan salah satu produsen di Indonesia. Sehingga nilai TKDN akan lebih tinggi,” bebernya di PEVS 2023.

Produksi lokal sangat penting. Sebab nilai TKDN yang tinggi akan mendapatkan subsidi potongan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari 11 persen menjadi 1 persen. “Jika bisa menggunakan baterai lokal, maka kita berharap 30 sampai 40 persen nilai TKDN-nya. Saya berharap ada produsen yang memproduksi komponen untuk mobil listrik, agar ke depannya nilai TKDN mencapai 100 persen," ujar Kelik.

Tampang Mirip Toyota Hilux
MABI Pamer Pikap Listrik di PEVS 2023, Bisa Saingi Hilux dan Triton?

PSOE e-Double Cabin dimensi ukuran panjang 5.325 mm, lebar 1.880 mm, tinggi 1.850mm, serta jarak sumbu roda 3.050 mm. Untuk kabinnya memiliki ukuran panjang 1.250 mm, lebar 1.520 mm, dan tinggi 470 mm. Mobil tersebut menggunakan baterai LiFePO berkapasitas 50 kWh yang dapat menempuh jarak sekitar 200 km sampai 300 km.

MABI Pamer Pikap Listrik di PEVS 2023, Bisa Saingi Hilux dan Triton?

Pikap listrik tersebut menggunakan motor penggerak PMSM water cooling yang dapat mengeluarkan tenaga 150 kW dan torsi puncak 295 Nm dengan kecepatan tertinggi mencapai 100 km/jam.

Pikap double cabin listrik dari MABI ini menggunakan basis dari produsen asal China, JIN CHI Motor. Secara tampilan, mobil ini menyerupai Toyota Hilux yang sudah populer di Indonesia untuk keperluan transportasi di area perkebunan dan tambang.

Lampu utamanya masih menggunakan pencahayaan halogen dan dilengkapi proyektor dengan pengaturan electric dalam menyesuaikan ketinggian. Terdapat juga foglamp berbentuk persegi panjang pada bagian bawah bemper depan.



Masuk ke bagian dalam, pikap listrik milik MABI ini memberikan kesan elegan dengan perpaduan warna hitam, putih, dan coklat. Joknya menggunakan material fabric berwarna coklat dengan jahitan putih yang membuatnya terkesan mewah.

Sementara itu, mobil ini menggunakan head unit double din manual. Pengaturan AC juga masih manual dengan menggunakan dua buah knob putar.
Sedangkan ruang kaki pada baris kedua juga cukup luas yang memberikan kenyamanan bagi penumpang. Harga pikap ini belum disebutkan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0990 seconds (0.1#10.140)