Penggunaan Jenis Bahan Bakar Kendaraan Ramah Lingkungan untuk Transportasi Masa depan

Kamis, 25 Mei 2023 - 16:39 WIB
loading...
Penggunaan Jenis Bahan Bakar Kendaraan Ramah Lingkungan untuk Transportasi Masa depan
Penggunaan Bahan Bakar Kendaraan Ramah Lingkungan. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Bahan bakar ramah lingkungan saat ini seri digaungkan produsen otomotif dan pecinta lingkungan. pasalnya energi dari fosil semakin menipis karena energi fosil bukanlah energi yang dapat diperbaharui.



Jenis bahan bakar pengganti bensin apalagi yang ramah lingkungan sangat diperlukan untuk menggantikan energi fosil saat ini terus dikembangkan.

Hal ini sejalan dengan target Net-Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 yang ingin dicapai Indonesia.dengan tetap mendukung pembangunan ekonomi, termasuk sektor transportasi.

Sejalan dengan agenda Pemerintah Indonesia, Shell Indonesia kembali menggelar Shell ExpertConnect 2023:

Shell ExpertConnect yang merupakan wadah kolaborasi dan forum diskusi mengenai topik tren industri ini dibuka oleh VP Sales B2B Lubricants Shell Indonesia

“Melalui acara ini, kami ingin berbagi perspektif dari para pakar yang berasal dari berbagai bidang seperti teknologi, inovasi, industri, dan kebijakan untuk membahas mengenai perubahan lanskap transportasi di masa depan,’’ tutur VP Sales B2B Lubricants Shell Indonesia, Edward Satrio.

Sementara itu, Joseph Kristofel selaku Executive Director, IPSOS Strategy3 Automotive Mobility Development mengatakan, mendukung penuh komitmen para pelaku industri transportasi untuk mengurangi emisi Gas Rumah Kaca di Indonesia dengan target yang ambisius untuk masa depan yang berkelanjutan.

'' Sejalan dengan hal tersebut, semua pelaku industri transportasi dapat mengupayakan solusi-solusi untuk terciptanya transportasi berkelanjutan dengan melaksanakan Truck Modernization Roadmap dan mengembangkan standar Euro 5 serta efisiensi bahan bakar untuk kendaraan listrik.” tegas Joseph
Penggunaan Jenis Bahan Bakar Kendaraan Ramah Lingkungan untuk Transportasi Masa depan


Berikut 5 jenis bahan bakar kendaraan ramah lingkungan pengganti energi fosil:

1. Biogas
Salah satu energi yang juga dihasilkan dari limbah organik seperti kotoran ternak, atau limbah hasil dapur seperti sayuran, atau cangkang buah adalah biogas. Zat utama dari energi biogas ini adalah gas metana (CH4) dan karbondioksida (CO2). Untuk melepas energi, kedua gas itu dapat terbakar dan energi itulah yang dapat membantu Eigerian sehari-hari.

Namun sayangnya komponen energi gas ini tergantung pada proses anaerobik proses anaerobik dan komposisi dari bahan dasar pembuatan energi biogas. Jika kandungan metananya semakin besar dari energi biogas, semakin besar juga energi yang bisa dihasilkan dari biogas.

2. Hidrogen
Bahan bakar ramah lingkungan pengganti bensin lainya ada hidrogen. Kendaraan kesayanganmu juga bisa loh menggunakan bahan bakar ini. Ini salah satu elemen kimia yang sangat mudah terbakar. Apalagi jika pembakarannya menggunakan atau diterapkan pada mesin pembakaran internal. Bahkan, campuran bahan bakar/udara yang dihasilkan atas pembakaran juga lebih baik dan mampu meningkatkan efisiensi mesin.

Namun sayangnya saat ini penggunaan bahan bakar ramah lingkungan jenis hidrogen masih perlu diteliti lagi. Perlu dilihat bagaimana kelebihan dan kekurangan jika diterapkan pada mesin. Saat ini sementara hasil uji menunjukan hidrogen bisa menghasilkan pembakaran lebih bersih dan lebih sempurna daripada bensin. Bahkan dalam proses pembakarannya, hidrogen hanya membutuhkan suhu pengapian lebih rendah.

3. Synthetic Gasoline

Pertama kali diproduksi pada 100 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1919 bahan bakar ini digunakan pada era perang loh Eigerian. Bensin ini terbuat dari suhu gas karbon dioksida.

Gas ini kemudian dikonversi menjadi bahan bakar cair melalui proses kelistrikan. Jika listrik yang digunakan adalah sumber terbarukan maka hasilnya juga akan sangat menjanjikan. Sayangnya proses dan biayanya sangat mahal, namun hanya dapat menghasilkan sedikit bahan bakar.

4. Ethanol

Bahan bakar ramah lingkungan yang satu ini sudah biasa digunakan di negara seperti Amerika Serikat, Brazil, India dan Australia. Bahan bakar ini telah menjadi pengganti bensin.

Yang menarik adalah Etanol merupakan salah satu jenis alkohol yang sama dalam minuman beralkohol. Kelebihan dari bensin campuran etanol adalah bisa mengoksidasi bahan bakar.

Hal ini akan membuatnya membakar lebih banyak, lebih efektif, dan mengurangi emisi. Jika emisi bisa berkurang maka pencemaran lingkungan tidak akan terjadi.

Namun sayangnya ethanol tidak bisa digunakan untuk mobil penumpang, bahan bakar ini hanya digunakan untuk mobil atau mesin pertanian seperti truk dan motor. Energi ini alami dan berasal dari proses fermentasi gula.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)