Sudah Punya Hyundai Ioniq 5, Ridwan Kamil Tertarik Pinang Genesis G80 Electrified

Jum'at, 02 Juni 2023 - 09:00 WIB
loading...
Sudah Punya Hyundai Ioniq 5, Ridwan Kamil Tertarik Pinang Genesis G80 Electrified
Hyundai Genesis G80 pernah dipakai di ajang G20 belum lama ini. Foto: dok HMID
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengakui bahwa dirinya tertarik untuk membeli mobil listrik mewah Hyundai Genesis G80. Kendaraan ramah lingkungan tersebut diakui akan digunakannya sebagai kendaraan operasionalnya.

Seperti diketahui, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo mengimbau seluruh pejabat pemerintah menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan operasionalnya.

Ridwan Kamil menjadi salah satu yang mulai beralih ke kendaraan ramah lingkungan. Orang nomor satu di Jawa Barat itu mengatakan bahwa dirinya sudah menggunakan mobil listrik Hyundai Ioniq Electric sebagai kendaraan dinas. Kemudian, dia juga memboyong Hyundai Ioniq 5 sebanyak dua buah.

Setelah merasakan manfaatnya, Ridwan Kamil mengaku ingin kembali membeli Genesis G80 yang merupakan mobil listrik mewah. Nantinya, mobil tersebut juga akan digunakan untuk menunjang kegiatannya sebagai Gubernur Jawa Bawat.

Sudah Punya Hyundai Ioniq 5, Ridwan Kamil Tertarik Pinang Genesis G80 Electrified

Ridwan Kamil termasuk pengguna mobil listrik lama, sudah punya Hyundai Ioniq dan Ioniq 5. Foto: dok HMID

“Saya menggunakan Ioniq generasi pertama tiga tahun yang lalu, saya masih menggunakan setiap hari di Bandung. Sekarang saya menggunakan Ioniq 5, saya punya dua. Saya pengen beli Hyundai Genesis, semoga,” kata Ridwan Kamil pada sambutan acara Seremonial Peletakan Batu Pertama Hyundai Energy Indonesia di Cikarang, Jawa Barat, belum lama ini.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memang telah memboyong mobil listrik Hyundai Ioniq Electric pada 3 tahun lalu untuk kendaraan dinas Ridwan Kamil. Tahun lalu, mereka membeli lagi dua unit Hyundai Ioniq 5.

Sudah Punya Hyundai Ioniq 5, Ridwan Kamil Tertarik Pinang Genesis G80 Electrified

Kembali ke Genesis G80, mobil listrik ini pernah digunakan saat Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada tahun lalu. Ada 44 unit Genesis G80 Electrified Special Edition, dan 87 unit Genesis 80 dalam gelaran tersebut.



Sekadar informasi, Genesis G80 Electrified merupakan mobil listrik premium yang berada dalam naungan Hyundai. Namun, hingga saat ini mobil tersebut belum dijual secara resmi di Indonesia.

Untuk spesifikasinya, Genesis G80 Electrified ditanamkan baterai berkapasitas 87,2 kWh yang dapat menempuk jarak hingga 520 km. Mobil ini dibekali dua motor penggerak yang masing-masing dapat mengeluarkan tenaga 182 hp dan torsi puncak 350 Nm.

Pada bagian powertrain, Genesis G80 menggunakan drive mode selector yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Terdapat juga fitur regenerative braking system, yang memanfaatkan energi pengereman untuk dikonversi menjadi dayadibaterai.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2155 seconds (0.1#10.140)