Ditinggal Yamaha dan Honda, Kawasaki Melenggang Bebas di Pasar 600cc

Kamis, 08 Juni 2023 - 09:13 WIB
loading...
Ditinggal Yamaha dan Honda, Kawasaki Melenggang Bebas di Pasar 600cc
Kawasaki Ninja ZX-6R. FOTO/KMI
A A A
TOKYO - Yamaha telah menghentikan produksi YZF-R6 karena peraturan emisi yang ketat diikuti oleh Honda yang tidak mengupgrade CBR600RR untuk mencapai standar Euro 5, lain cerita di kubu Kawasaki.



Seperti dilansir dari Rideapart, pabrikan motor asal Jepang itu tak gentar memperbarui mesin 'supersport' populer, Ninja ZX-6R agar model ikonik itu tetap relevan untuk tahun-tahun mendatang.

Untuk tahun 2024, Kawasaki melahirkan kembali Ninja ZX-6R dengan pembaruan drastis, terutama memastikan bahwa mesin 4-tak 636cc 4-tak, DOHC, 16-katup 4-inline dengan sistem pendingin cair mencapai status Euro 5.

Upgrade tersebut secara tidak langsung memposisikan ZX-6R sebagai mesin yang lebih irit dibanding R6 dan CBR600RR karena menjalani tes yang lebih ketat untuk memenuhi regulasi emisi di Eropa.

Meski begitu, Kawasaki berhasil memastikan Ninja ZX-6R tetap menjadi mesin 'supersport' bertenaga 128hp.

Angka tenaga tersebut dicapai dengan memperbarui profil cam, corong udara, dan meningkatkan sistem pembuangan.

Menurut Kawasaki, sistem knalpot terbaru menjanjikan performa optimal di RPM tinggi maupun rendah.

Selain itu, Kawasaki juga membekali Ninja ZX-6R 2024 ini dengan berbagai fitur modern antara lain fork Showa SFF-BP (Separate Function Fork-Big Piston), quickshifter, dan sistem kontrol traksi tiga mode.

Semua pengaturan bisa dilakukan melalui panel TFT meter berukuran 4,3 inci yang bisa dihubungkan ke smartphone melalui aplikasi Kawasaki Rideology.

Tak cukup itu, Kawasaki juga mengupgrade panel bodi ZX-6R 2024 ini yang terinspirasi dari mesin ZX-10R. Menurut Kawasaki, generasi terbaru Ninja ZX-6R akan dipasarkan ke seluruh dunia mulai Oktober tahun ini.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4950 seconds (0.1#10.140)