Sekali Isi BBM, Mobil Murah Ini Bisa Ngacir Jakarta-Surabaya

Sabtu, 10 Juni 2023 - 17:57 WIB
loading...
Sekali Isi BBM, Mobil Murah Ini Bisa Ngacir Jakarta-Surabaya
Suzuki Tour H1 jadi mobil murah tapi sangat irit, dipasarkan hanya di India. Foto: dok Suzuki Maruti
A A A
INDIA - Maruti Suzuki di India punya mobil murah baru yang sangat hemat BBM. Namanya, Tour H1. Mobil berjenis hatchback itu diklaim sangat irit bahan bakar. Sekali isi penuh bisa menempuh jarak sekitar 800 km atau setara Jakarta-Surabaya.

Suzuki Tour H1 yang punya desain mungil itu sayangnya baru dijual untuk pasar India saja. Mobil ini bisa dikatakan sangat murah. Tapi tetap dibekali dengan berbagai keunggulan yang membuatnya tetap layak untuk dibeli. Secara tampilan, mobil ini terlihat sangat kecil, bahkan terlihat lebih mungil ketimbang Suzuki Karimun.

Namun, bagian depannya disematkan gril yang cukup besar dengan logo ‘S’ di tengah pada bagian yang terpisah dengan gril. Ada juga lampu utama yang dirancang cukup besar lengkap dengan lampu sein yang ditempatkan di bagian dalam. Sayang, Tour H1 belum dibekali fog lamp. Meski, terdapat lampu sein kecil di samping tepat di atas ban depan.

Suzuki Tour H1 dibangun pada platform yang sama seperti Alto K10 yang sudah meluncur lebih dulu pada akhir tahun lalu. Namun, memiliki desain yang berbeda demi mengincar pasar yang lebih luas.

“Tour H1 meneruskan warisan keunggulan Alto K10 untuk segmen komersial. Dilengkapi mesin Next-Gen K 10C yang mumpuni, interior dan eksterior yang mengesankan, serta sejumlah fitur kenyamanan, kemudahan, dan keselamatan. Menawarkan efisiensi bahan bakar yang sangat baik,” tulis Suzuki.

Untuk mesin yang digunakan juga sama seperti Alto K10, yaitu Next-Gen K10C tiga silinder berkubikasi 1.000 cc K-Series Dual Jet VVT dengan opsi bensin dan CNG. Pilihan mesin tersebut tentu saja menawarkan tenaga yang berbeda.

Pada varian bensin, mesin ini dapat menghasilkan tenaga 66,6 PS dan torsi puncak 89 Nm. Sementara untuk varian CNG, tenaga yang dapat dihasilkan mencapai 56,6 PS dan torsi puncak 82,1 Nm.



Konsumsi bahan bakar Suzuki Tour H1 juga bisa dibilang sangat irit dan diklaim sebagai mobil paling efisien di kelasnya. Pada varian bensin, konsumsinya mencapai 24,6 km per liter, dan untuk varian CNG bisa mencapai 34,4 km per kilogram.

Dari segi fitur, Tour H1 dibenamkan dual airbags, sabuk pengangan dengan pre-tensioner dan force limiter, engine immobilizer, Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), speed limiting system, sensor parkir mundur,dansebagainya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2803 seconds (0.1#10.140)